Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Folder "Chat yang Dikunci" di WhatsApp, Apa Fungsinya?

Folder tersebut bernama “Locked Chat” atau “Chat yang dikunci" dan berada dekat dengan folder “Archived” yaitu folder yang digunakan untuk menyimpan pesan diarsipkan. Folder tersebut akan ditandaid dengan ikon gembok yang menandai bahwa terdapat pesan yang dikunci. 

Folder "Locked Chat" ini merupakan fitur baru yang dirilis WhatsApp sejak Selasa (16/5/2023). Lantas apa fungsinya dan bagaimana cara membuat folder "Chat yang Dikunci?" berikut ini ulasannya. 

Fungsi Folder “Chat yang Dikunci”

Folder "Chat yang Dikunci" atau "Locked chats" termasuk dari  fitur baru dari WhatsApp yang beredar secara umum mulai 16 Mei 2023 lalu. Kendati demikian masih terdapat beberapa pengguna yang masih belum mendapatkannya. 

Fitur “Locked chats” memungkinkan pengguna dapat mengunci chat tertentu dengan kata sandi atau pemindaian sidik jari atau wajah. Sehingga saat akan memasuki chat yang dikunci, pengguna perlu memasukkan kata sandi khusus.

Saat pengguna mengaktifkannya, fitur "Locked chats" akan berfungsi mengamankan pesan tertentu agar tidak mudah diakses dan dibuka orang lain serta privasi lebih terjaga. Ketika fitur ini aktif, chat juga tidak akan tampil pada halaman daftar obrolan.

Pesan-pesan yang dikunci ini masuk dan tersimpan pada folder tersebut. Apabila pengguna ingin membuka folder yang dikunci maka harus memindai sidik jari atau memasukkan pin terlebih dahulu.

Lantas bagaimana cara membuat folder “Chat yang Dikunci” untuk meningkatkan keamanan dan privasi Anda saat chatting? Berikut ini langkah-langkahnya.

Sebagai informasi cara di atas dilakukan pada WhatsApp versi 2.23.9.75 di ponsel Xiaomi Redmi Note 10S.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/24/16150077/ada-folder-chat-yang-dikunci-di-whatsapp-apa-fungsinya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke