Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beli Produk Kecantikan di Tokopedia Bisa Coba Dulu Pakai AR Sebelum Beli

Salah satunya adalah fitur Augmented Reality (AR) di platform iOS dan Android, yang memungkinkan pengguna untuk mencoba produk kecantikan seperti lipstik dan foundation sebelum membelinya. Fitur ini dikenalkan Tokopedia Rabu (24/5/2023) siang.

Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi, ke dalam sebuah lingkungan nyata melalui sebuah aplikasi atau alat, biasanya melalui sebuah kamera.

Menurut Azzahra Rahmani Ali, Category Strategic Partnership Senior Lead Tokopedia, fitur ini diimplementasikan untuk menjawab masalah yang dihadapi pengguna.

"Kami benar-benar melihat apa masalah yang terjadi di masyarakat, apa kendala yang sekarang dihadapi mereka saat berbelanja online," kata Azzahra kepada KompasTekno.

"Dulu saat membeli produk kecantikan, mungkin pengguna masih kesulitan karena tidak tahu apakah lipstik cocok atau tidak digunakan."

"Dengan fitur Augmented Reality ini, pembeli bisa mencocokkan terlebih dahulu apakah warna dari lipstik sesuai atau tidak dengan kebutuhan pembeli," lanjutnya.

Perlu dicatat, fitur coba makeup dengan AR ini hanya bisa digunakan untuk produk lipstik dari brand tertentu saja, saat ini baru Loreal dan Maybelline.

Cara kerjanya, pengguna perlu membuka aplikasi Tokopedia lalu mencari kata kunci "L'oreal Virtual Try On".

Saat menelusuri berbagai lipstik yang ditawarkan, pengguna bakal melihat tulisan "Cobain barangnya, yuk!" berwarna hijau yang tertera dalam gambar produk itu.

Alternatifnya, pengguna juga diizinkan untuk menggunakan foto dalam uji coba lipstik. Cukup ulangi proses di atas kemudian pilih opsi "Ambil dari Galeri" yang terletak di bagian kanan layar ponsel.

Ke depannya, Tokopedia akan memperluas jangkauan penggunaan fitur AR ini untuk produk lainnya, seperti produk bayi dan gadget.

Platform e-commerce itu juga akan menggandeng lebih banyak mitra bisnis sehingga pengguna tidak hanya mencoba produk dari perusahaan kenamaan saja, tetapi juga penjual dengan skala yang lebih kecil alias UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

"Dengan adanya pengembangan teknologi Augmented Reality ini, kami berharap ke depannya orang-orang lebih nyaman dan yakin lagi untuk membeli produk kecantikan di Tokopedia," ungkap Azzahra.

Adapun fitur yang dimaksud mencakup "Keyboard Tokopedia" yang tersedia untuk platform iOS.

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengirimkan tautan produk tertentu ke teman dengan sekali ketuk, sehingga pengguna tidak perlu repot lagi membuka aplikasi Tokopedia untuk membagikan produk.

Selain itu, Tokopedia juga membahas fitur "Bagikan Alamat" di iOS dan Android. Fitur ini membuat pembagian alamat menjadi lebih efisien karena bisa dilakukan langsung lewat aplikasi.

Dengan begitu, pengguna dapat dengan mudah membelikan suatu produk atau hadiah ke teman dan sanak keluarga.

Tak hanya untuk konsumen, Tokopedia memiliki fitur yang diperuntukkan bagi pelaku usaha. Fitur tersebut dibagi menjadi "Spesifikasi", "Katalog Tokopedia", dan "Kurir Rekomendasi".

Fitur "Spesifikasi" memungkinkan penjual memberikan informasi yang lebih lengkap, sedangkan "Katalog Tokopedia" mengizinkan mereka untuk mengkurasi produknya.

Ada pula "Kurir Rekomendasi" yang merekomendasikan mitra logistik berdasarkan data performa kurir itu.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/24/17300027/beli-produk-kecantikan-di-tokopedia-bisa-coba-dulu-pakai-ar-sebelum-beli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke