Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siap-siap, Chromebook Bertenaga MediaTek Hadir di Indonesia

Deputy Director of Corporate Sales, Southeast Asia, MediaTek Deputy Cedric Chang meyakini bahwa vendor laptop lokal yang digandeng tersebut bakal segera menghadirkan produk Chromebook PDN yang ditenagai chipset Chromebook bikinan MediaTek, Kompanio.

"Kami yakin vendor laptop lokal tersebut bakal segera menghadirkan Chromebook bertenaga MediaTek Kompanio ke Indonesia," kata Cedric Chang di Jakarta, Kamis (25/5/2023).

Sayangnya, Chang tidak memberikan kisi-kisi lain soal Chromebook MediaTek tersebut.

Cedric Chang hanya mengungkapkan bahwa MediaTek saat ini memiliki sejumlah chipset yang bisa digunakan di Chromebook PDN.

Misalnya, ada chipset MediaTek Kompanio 820/828 (2021) untuk Chromebook kelas menengah. Lalu ada chipset Kompanio 1200/1380 untuk Chromebook kelas premium.

Chang mengatakan, MediaTek juga punya chipset baru untuk Chromebook kelas entry-level, yaitu Kompanio 520 dan Kompanio 528 (2023).

"Secara umum, chipset Kompanio 500 series menawarkan hemat daya sehingga baterai yang tahan lama, serta pengalaman multi-tasking yang lebih baik," kata Cedric Chang.

Ada enam vendor yang digandeng, yaitu Advan, Axioo, Evercoss, SPC, Zyrex, dan TSMID.

Nantinya, keenam vendor lokal tadi akan menyiapkan sejumlah model Chromebook yang sesuai dengan spesifikasi yang tercantum di dalam Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2021, tentang Petunjuk Operasional Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2021.

Beberapa di antaranya seperti Chromebook m432-1 dan m432-2 dari Zyrex, Axio Chromebook dari Axioo, Chromebook 116 dari Advan, Evercoss CB1 dari Evercoss, dan sejumlah perangkat lainnya yang tengah disiapkan SPC dan TSMID.

Berbeda dengan laptop biasa, Chromebook dirancang lebih "minimalis" dibanding laptop biasa. Perangkat ini dirancang agar bisa berjalan maksimal dengan segala macam aplikasi Google, seperti Google Meet, Gmail, Google Drive Google Suite, dan lainnya.

Chromebook sejatinya memang dirancang untuk mereka yang menghabiskan sebagian besar waktunya di Internet. 

Chromebook juga memiliki toko aplikasi Google Play Store. Pengguna Chromebook bisa menginstal berbagai aplikasi Android yang kompatibel melalui toko aplikasi ini.

Selain itu, ada juga dukungan native Chromecast, fitur Chrome Device Management yang memungkinkan banyak perangkat Chromebook dikontrol dari satu server, serta sistem keamanan Chromebook yang diklaim mumpuni.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/25/17450087/siap-siap-chromebook-bertenaga-mediatek-hadir-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke