Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Samsung Bikin Layar yang Bisa Deteksi Sidik Jari di Seluruh Permukaan

Salah satu teknologi yang dipamerkan adalah panel OLED yang bisa membaca atau mendeteksi sidik jari di seluruh permukaan layar smartphone. Hal itu dimungkinkan berkat teknologi "Sensor OLED Display" baru bikinan Samsung Display.

Biasanya, sensor sidik jari di smartphone dipasang sebagai modul terpisah di bawah panel. Ini membuat pemindai sidik jari hanya bisa mendeteksi sebagian area kecil di layar. Kebanyakan pemindai sidik jari ditanamkan di layar bagian bawah.

Nah, inilah yang membedakannya dengan Sensor OLED Display Samsung yang baru.

Dalam laman resmi Samsung Display Newsroom, Samsung mengungkapkan pihaknya menyematkan light-sensing organic photodiode (OPD) ke dalam panelnya langsung, bukan lagi sebagai modul terpisah.

Hal tersebut membuat panel dengan teknologi Sensor OLED bisa mengenali sidik jari di seluruh permukaan layar ponsel.

Samsung menjelaskan, cahaya OLED nantinya akan bertemu jari ketika jari menyentuh layar. Dari situ, cahaya akan dipantulkan dengan unik, tergantung pada kontraksi dan relaksasi pembuluh darah di dalam jari.

Ketika cahaya kembali ke panel, OPD mengenalinya dan mengubahnya menjadi informasi kesehatan seperti informasi detak jantung, tekanan darah, dan tingkat stres pengguna .

Samsung diprediksi baru akan menggunakan teknologi ini di ponsel Galaxy paling cepat tahun depan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari AndroidPolice, Rabu (24/5/2023).

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/25/19000077/samsung-bikin-layar-yang-bisa-deteksi-sidik-jari-di-seluruh-permukaan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke