Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar 21 Game Baru PS5 di Sony Showcase 2023, Ada Final Fantasy dan Spider-Man

Deretan game yang diumumkan sangat bervariasi, mulai dari game berbujet tinggi alias triple-A (AAA), game indie, sekuel baru, remake, dan game orisinal.

Genrenya pun beragam dan tidak lagi monoton karena ada beberapa genre menarik seperti puzzle, aksi, petualangan, Role-playing Game (RPG) dan masih banyak lagi.

Acara ini juga dimanfaatkan untuk memperkenalkan sejumlah aksesori baru. Lantas, apa saja game baru PS5 yang diumumkan dalam live stream tersebut? Berikut daftarnya.

Tak sekadar merampok, tim pemain bakal bersaing dengan tim gamers lainnya lewat sistem PvP (Player vs Player) dan berlomba-lomba untuk meraih harta yang didambakan.

"Fairgame$" yang digarap oleh Haven Studios bakal tersedia di PS5 dan PC, meski tanggal perilisannya belum dipastikan.

Game ini merupakan sekuel dari "Helldivers" yang meluncur tahun 2015. Menariknya, prekuel tersebut menggunakan sudut pandang top-down, sehingga pengguna melihat karakter permainan dari atas, seperti pada permainan "Hotline Miami".

Meski perspektif yang digunakan berbeda, "Helldivers 2" tetap mempertahankan humor pada game sebelumnya.

Dengan kata lain, ada sistem "friendly fire" yang secara permanen diaktifkan, sehingga pemain bisa secara tidak sengaja menyerang teman. "Helldivers 2" segera meluncur tahun ini di PS5 dan PC.

3. Immortals of Aveum

Tim pengembang Ascendant Studios dan publisher Electronic Arts menunjukkan video cuplikan (trailer) terbaru untuk game petualangannya, "Immortals of Aveum".

Permainan dengan setting fantasi ini mengisahkan Jak yang berusaha menyelamatkan planet Aveum dari kehancuran. Untuk itu, Jak bergabung dengan kelompok penyihir elit yang memiliki tujuan yang sama.

Bagian paling unik dari game ini adalah sistem pertempurannya (combat) yang berkaitan erat dengan sihir.

Gamers bisa mendapatkan lebih dari 25 mantra (spells) yang dikombinasikan dengan ratusan perlengkapan atau peralatan untuk menghasilkan gaya bermain yang baru.

"Immortals of Aveum" bakal meluncur di PS5, Xbox Series X, dan PC pada 20 Juli.

Pemain akan terus berlari, menghindari tembakan peluru, sambil membasmi kumpulan musuh yang menghalanginya. Tak hanya itu, gamers juga bakal menghadapi berbagai macam boss yang menantang.

Untuk ketersediaannya sendiri, "Ghostrunner 2" siap menyambangi PS5, Xbox Series X, dan PC tahun ini.

Hal ini bisa dilihat dari aspek eksplorasi dunia dan mekanisme gameplay hack and slash yang menekankan senjata jarak dekat dalam pertempuran.

Dalam game ini, pemain berperan sebagai Soul, pembunuh elit dari organisasi "The Order". Soul dituduh telah merenggut nyawa ketua organisasi tersebut dan pada akhirnya diburu habis-habisan oleh anggota lainnya.

Pada akhirnya, Soul yang mengalami luka parah diobati oleh sosok yang misterius. Sayangnya, obat itu hanya bertahan 66 hari, sehingga Soul mesti mencari dalang yang menuduhnya sebelum ia menghembus napas terakhir.

"Phantom Blade 0" bakal diluncurkan di PS5 dan PC, meski tanggal perilisannya belum diketahui.

6. Sword of the Sea

Berbeda dengan deretan game sebelumnya yang menawarkan gameplay mendebarkan, "Sword of the Sea" mengajak pemain untuk bersantai dalam eksplorasi dunia yang luas.

Sebagai karakter Wraith, pemain akan mengelilingi lanskap Necropolis dengan papan selancar "Hoversword" sambil menghidupi kembali berbagai ekosistem yang sudah rusak.

Game buatan Giant Squid Studios ini akan tersedia di PS5 dan PC, tetapi tanggal peluncurannya belum diungkap.

Anehnya, kultur manusia masih tetap bertahan dan justru diadopsi oleh para robot yang menjadi penghuni dunia tersebut.

Seiring berjalannya waktu, gamers akan terus mengungkapkan rahasia seputar dunia itu. Akan tetapi, rahasia ini mungkin akan memunculkan lebih banyak lagi pertanyaan di benak pemain.

Sekuel dari "The Talos Principle" direncanakan untuk meluncur tahun ini di PS5, Xbox Series X/S, dan PC.

"Neva" bercerita tentang Alba, seorang perempuan yang bersahabat dengan seekor serigala. Keduanya akan tumbuh besar bersama, sambil belajar untuk bekerja sama dalam berbagai situasi yang berbahaya.

Rencananya, "Neva" bakal dirilis tahun 2024 mendatang di PS5, Xbox Series X/S, Nintendo Switch, dan PC.

9. Cat Quest: Pirates of the Purribean

Developer The Gentlebros resmi mengumumkan game terbaru untuk penyayang kucing, yakni "Cat Quest: Pirates of the Purribean".

Entri terbaru di seri "Cat Quest" ini merupakan game action RPG dalam dunia terbuka (open world) yang dikemas dengan grafik 2.5D.

Di game ini, pemain akan mengarungi laut yang luas dengan mengendarai kapalnya. Seperti game "Sea of Thieves", pemain diberi kebebasan untuk memilih pulau mana yang ingin dikunjungi.

Untuk ketersediaannya, game ini akan meluncur tahun 2024 di PS5, PS4, Xbox One, PC, dan Nintendo Switch.

10. FOAMSTARS

Publisher game kenamaan Square Enix memamerkan cuplikan pertama untuk game multiplayer terbarunya, "FOAMSTARS".

Dalam pertempuran empat lawan empat ini, gamers menggunakan busa (foam) sebagai senjata utama.

Busa ini dimanfaatkan untuk menyerang musuh, membuat permukaan licin untuk berselancar, membangun struktur yang bisa dinaiki, dan masih banyak lagi.

"FOAMSTARS" akan hadir untuk konsol PS5 dan PS4, tetapi tanggal rilisnya belum diketahui.

Dari segi cerita, game yang digarap All Possible Futures ini mengisahkan karakter buku cerita, Jot, yang diusir dari bukunya.

Jot yang kini berada di luar buku cerita itu harus menjelajahi dunia tiga dimensi demi mencari cara untuk pulang ke rumahnya.

Game petualangan ini rencananya akan menyambangi PS5, Xbox Series X/S, PC, dan Nintendo Switch pada tahun ini.

12. Teardown

Sama seperti game "Fairgame$" yang sudah dipaparkan sebelumnya, "Teardown" juga mengusung tema perampokan.

Hanya saja, perampokan ini bukan dilakukan dengan menggunakan senapan api, melainkan peralatan seperti alat peledak dan palu godam.

Seperti namanya, "Teardown" pun juga lebih menekankan kepada penghancuran bangunan. Jika pintu masuk terkunci, gamers bisa saja menabrakkan mobilnya untuk membuka "pintu" yang lebih luas.

"Teardown" sudah bisa dinikmati di PC, sedangkan pengguna PS5 dan Xbox Series X harus menunggu perilisannya pada tahun ini.

Remake berjudul "Metal Gear Solid Delta: Snake Eater" ini bakal mengemas cerita dan mekanisme game lawas tersebut dengan grafik yang lebih modern.

Lewat game ini, pemain akan menyaksikan asal-usul tokoh Big Boss dan bagaimana ia bisa menjadi karakter yang melegenda di seri "Metal Gear Solid".

Selain versi remake dari "Snake Eater", Konami juga memperkenalkan "Metal Gear Solid: Master Collection Vol. 1" yakni koleksi game lawas yang mencakup "Metal Gear", "Metal Gear 2: Solid Snake", dan "Metal Gear Solid termasuk VR Missions/Special Missions)".

Ada juga "Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty (HD Collection)" dan "Metal Gear Solid 3: Snake Eater (HD Collection)"

Remake "Snake Eater" diluncurkan untuk PS5, Xbox Series X/S, dan PC, tanpa tanggal rilis yang pasti.

Sementara itu, trilogi game klasik tersebut kemungkinan juga akan dirilis di platform yang sama seperti remake "Snake Eater".

Konami memastikan akan merilis koleksi tersebut pada musim gugur ini atau sekitar September hingga November mendatang.

14. Towers of Aghasba

"Towers of Aghasba" merupakan game sandbox dalam dunia terbuka (open world) yang memungkinkan gamers untuk membangun desa dan merawat lingkungan di sekitarnya.

Menurut Dreamlit Games selaku developer, "Towers of Aghasba" diperuntukkan bagi pemain yang menyukai game "Stardew Valley" dan "Animal Crossing".

Mereka juga memasukkan fitur aksi dan petualangan yang mirip dengan "The Legend of Zelda: Breath of the Wild".

Game dengan fitur multiplayer ini bakal tersedia di PS5 dan PC pada 2024 mendatang.

Clive bertugas untuk menjaga adik kecilnya yang bernama Joshua, yang kebetulan memiliki kemampuan untuk memanggil sebuah monster bernama Eikon.

Sepanjang game, Clive akan dipertemukan dengan beragam misi dan aneka musuh, terutama mereka yang berusaha mengganggu ketentraman dan keselamatan orang-orang yang berada di sekitarnya.

Game yang diterbitkan Square Enix ini akan meluncur di PS5 tanggal 22 Juni nanti.

16. Alan Wake 2

Dalam game "Alan Wake 2", pemain berperan sebagai agen FBI bernama Saga Anderson. Saat itu, ia ditugaskan untuk menyelidiki kasus pembunuhan yang terjadi di kota kecil Bright Falls.

Pemain juga mengontrol Alan Wake yang menjadi tokoh utama seri tersebut. Alan merupakan seorang novelis genre thriller yang terjebak dalam dimensi lain bernama Dark Place selama 13 tahun.

Nantinya, pemain bisa melihat perspektif dan jalan cerita berbeda antara kedua tokoh itu.

"Alan Wake 2" dapat dimainkan pada 17 Oktober nanti di PS5, Xbox Series X/S, dan PC.

Kali ini, seri tersebut mengambil Baghdad sebagai lokasi utama. Di kota itu, pemain berperan sebagai pencuri di jalanan bernama Basim.

Basim bergabung dengan organisasi kuno bernama "The Hidden Ones". Organisasi tersebut akan mengajarkan Basim ritual misterius yang mampu mengasah kemampuannya.

Sedikit demi sedikit, Basim akan "bertransformasi" dari seorang pencuri menjadi "Master Assassin" yang elit.

Rencananya, game open world ini segera dirilis pada 12 Oktober untuk PS5, Xbox Series X/S, PS4, Xbox One, PC, serta layanan cloud streaming Amazon Luna.

Hal ini dikarenakan oleh grafik kartun minimalis yang dimiliki keduanya beserta kehadiran kucing sebagai tokoh utamanya.

Selebih dari itu, keduanya memiliki perbedaan dari sisi mekanisme permainannya.

Di "Revenant Hill", pemain akan melihat dunia dari perspektif Twigs, seekor kucing yang harus bekerja keras untuk membayar sewa kontrakan.

Oleh sebab itu, Twigs perlu menanam tanaman kemudian menjualnya di pasar rahasia.

Nantinya game ini akan tersedia di PS5, PS4, dan PC. Sayangnya, Finji selaku tim penerbit belum mengumumkan tanggal peluncurannya.

19. Granblue Fantasy: Relink

"Granblue Fantasy: Relink" adalah game action RPG yang dapat dimainkan bersama tiga teman lainnya.

Setiap karakter memiliki kemampuan (skill) dan senjata berbeda yang bisa bersinergi untuk menghasilkan damage yang menyakitkan.

Dari 16 karakter yang sudah diumumkan, gamers harus mengatur strategi untuk membuat formasi tim yang dapat bertahan hidup dalam beragam situasi.

Tentunya hal ini membutuhkan banyak pertimbangan mengingat tidak adanya tim yang sempurna.

Setiap tim pasti memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri.

Game yang dikembangkan Cygames Osaka ini diluncurkan musim dingin ini di konsol PS5, PS4, dan PC.

"Street Fighter 6" menghadirkan tiga mode utama yang mencakup "World Tour", "Fighting Ground", dan "Battle Hub". Jika ingin beradu mekanik dengan gamers lain, pemain bisa mengunjungi mode "Fighting Ground" dan "Battle Hub".

Sementara itu, pemain yang mau menikmati mode cerita singleplayer bisa menjajal "World Tour" yang dilengkapi pula dengan fitur kustomisasi karakter.

Sejauh ini, "Street Fighter 6" menghadirkan 18 karakter yang bisa dimainkan, beberapa di antaranya merupakan karakter ikonik seperti Ryu, Chun Li, dan Zangief.

Dalam game "Marvel's Spider-Man 2", pemain bakal mengikuti kisah duo Spider-Man, yakni Peter Parker dan Miles Morales dalam usahanya untuk menghentikan kejahatan Kraven the Hunter di New York City.

Sehubungan dengan itu, gamers akan bermain sebagai Peter Parker dan Miles Morales, sehingga alur cerita game tersebut bisa dilihat lewat dua perspektif yang berbeda,

Dari segi gameplay-nya pun, duo superhero itu menawarkan mekanisme permainan yang berbeda.

Contohnya saja kostum "Symbiote Suit" yang dimiliki Peter bisa mengeluarkan tentakel hitam untuk menyerang musuh atau melindungi diri.

Di sisi lain, ada juga Miles yang mampu menggunakan energi listrik bernama "Venom Blast" untuk menaklukkan musuh. Serangan ini tampak seperti jurus "Kamehameha" milik Goku di seri "Dragon Ball"

"Marvel's Spider-Man 2" bakal dirilis di konsol PS5 pada musim gugur tahun ini.

Selain dari 21 game yang sudah disebutkan sebelumnya, berikut daftar game yang bakal meluncur di konsol PS5, beserta tanggal rilisnya:

  • ULTROS - PS5, PS4, PC (2024)
  • Dragon's Dogma 2 - PS5, Xbox Series X/S, PC (Tidak ada tanggal rilis)
  • Five Nights at Freddy’s: Help Wanted 2 - PlayStation VR 2 (Akhir 2023)
  • Tower of Fantasy - PS5, PS4 (Musim panas 2023)
  • Resident Evil 4 Remake VR Mode - PlayStation VR 2 (Tidak ada tanggal rilis)
  • Arizona Sunshine II - PlayStation VR 2, SteamVR (2023)
  • CROSSFIRE: Sierra Squad - PlayStation VR 2 (Musim panas 2023)
  • Synapse - PlayStation VR 2 (4 Juli 2023)
  • Beat Saber - PlayStation VR 2 (Tersedia hari ini)
  • Marathon - PS5, Xbox Series X/S, PC (Tidak ada tanggal rilis)
  • Destiny 2: The Final Shape - PS5, Xbox Series X/S, PS4, Xbox One, PC (Tidak ada tanggal rilis)
  • Concord - PS5, PC (2024)

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/26/17040027/daftar-21-game-baru-ps5-di-sony-showcase-2023-ada-final-fantasy-dan-spider-man

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke