Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Cara Mengatasi WiFi Tidak Terdeteksi di HP dengan Mudah dan Praktis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui panduan dasar untuk mengatasi beberapa persoalan saat mengoperasikan perangkat HP (handphone). Salah satunya adalah cara mengatasi WiFi tidak terdeteksi di HP.

Dalam kondisi normal, saat WiFi di HP aktif, HP bakal mendeteksi sejumlah nama router yang tersedia di sekitar. Selanjutnya, pengguna bisa menghubungkan HP dengan router tersebut untuk mengakses jaringan internet via WiFi.

Akan tetapi, dalam kondisi tertentu, nama-nama WiFi yang tersedia di sekitar itu tidak muncul di HP, padahal statusnya aktif. Masalah WiFi tidak terdeteksi di HP ini tentu akan merepotkan pengguna.

Pasalnya, saat WiFi tidak terdeteksi di HP, pengguna jadi tidak bisa menghubungkan HP ke router untuk mengakses internet via jaringan WiFi. Lantaran bakal merepotkan, untuk berjaga-jaga, pengguna perlu mengetahui cara mengatasi WiFi tidak terdeteksi di HP.

Lantas, bagaimana cara mengembalikan sinyal WiFi yang hilang di HP? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara memunculkan WiFi di HP dengan mudah dan praktis.

Penyebab WiFi HP tidak muncul

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, ada baiknya pengguna memahami dulu beberapa penyebab WiFi HP tidak muncul. Lantas, mengapa WiFi di HP hilang? Ada beberapa penyebab yang membuat masalah WiFi tidak terdeteksi di HP bisa terjadi.

Adapun penyebab WiFi tidak terdeteksi di HP yang paling umum terjadi adalah posisi HP terlampau jauh dengan perangkat router, sehingga tidak dapat menangkap sinyal WiFi secara optimal.

Kemudian, penyebab WiFi HP tidak muncul adalah terdapat gangguan pada sistem HP. Selain itu, gangguan yang bisa membuat sinyal WiFi hilang di HP juga bisa datang dari router yang digunakan.

Selanjutnya, penyebab WiFi HP tidak muncul bisa juga dikarenakan terdapat kerusakan pada komponen yang berfungsi untuk menangkap sinyal WiFi. Jika komponen itu rusak, HP tidak akan bisa menangkap dan mendeteksi WiFi.

Itulah beberapa penyebab WiFI HP tidak muncul. Penyebab-penyebab itu perlu diketahui pengguna untuk menentukan solusi yang dapat dilakukan nantinya. Untuk cara mengatasi WiFi tidak terdeteksi di HP, penjelasannya bisa dibaca lebih lanjut di bawah ini.

Cara mengatasi WiFi tidak terdeteksi di HP

Cara memunculkan WiFi di HP yang tidak terdeteksi atau hilang itu pada dasarnya cukup mudah. Ada beberapa pilihan cara yang dapat dilakukan pengguna untuk mengatasi masalah WiFi HP tidak muncul.

Misalnya, pengguna bisa meletakkan router secara tepat agar dekat dengan HP. Dengan demikian, HP dapat menerima sinyal WiFi dari router secara optimal. Kemudian, pengguna juga bisa restart router untuk mengatasi gangguan.

Selain itu, masih terdapat banyak lagi cara yang bisa dilakukan pengguna. Adapun penjelasan yang lebih detail soal beberapa cara mengatasi WiFi tidak terdeteksi di HP adalah sebagai berikut.

1. Posisikan router dengan benar

Posisi router di sebuah ruangan sangat penting diperhatikan. Misalnya, jika router ditempatkan di sudut rumah yang jauh dari jangkauan, kemungkinan besar, sinyal WiFi bakal tidak bisa ditangkap dengan baik di HP.

Oleh karena itu, supaya sinyal WiFi terdeteksi di HP, pengguna perlu memosisikan router dengan benar. Lokasi router yang ideal adalah sedekat mungkin dengan tempat di mana pengguna banyak beraktivitas dan berada di area terbuka.

Kemudian, router sebaiknya diletakkan pada area yang jauh dari perangkat elektronik lain dan minim penghalang. Pasalnya, semakin banyak penghalang seperti dinding atau pintu, semakin tinggi pula potensi sinyal WiFi terganggu.

Semakin banyak dinding, pintu, dan penghalang lain di dekat router Anda, semakin tinggi kemungkinan sesuatu mengganggu sinyal Anda. Sebaiknya, letakkan router di area yang tinggi, sehingga dapat memaksimalkan jangkauan sinyalnya.

2. Ubah posisi antena router

Router dilengkapi dengan salah satu dari dua jenis antena, yakni antena internal atau eksternal. Jika router memiliki dua antena eksternal, coba posisikan antena tersebut satu mengarah secara vertikal dan yang lainnya diposisikan secara horizontal.

Dikutip dari Cnet, transmisi antara router dan perangkat lain seperti HP akan maksimal ketika penerima dan pemancar beroperasi pada bidang yang sama.

3. Jauhkan router dengan perangkat elektronik lain

Cara mengatasi WiFi tidak terdeteksi di HP yang berikutnya adalah jauhkan router dengan perangkat elektronik lain. Gelombang mikro yang dihasilkan perangkat seperti microwave dan speaker bluetooth dapat berpotensi menimbulkan gangguan pada sinyal WiFi.

Saat sinyalnya terganggu, HP bisa kesulitan untuk menangkap jaringan WiFi. Oleh karena itu, sebaiknya jauhkan router dengan perangkat elektronik agar sinyalnya bisa diterima secara optimal pada HP.

4. Restart router

Keempat, pengguna bisa mencoba untuk restart router. Caranya, matikan router dengan menekan tombol power, yang biasanya berada di bagian punggung perangkat. Setelah itu, tunggu beberapa saat, kurang lebih 30 detik, lalu nyalakan kembali.

Setelah lampu indikator perangkat nyala, tunggu beberapa saat, biasanya perlu waktu sekitar 1 menit hingga lampu DSL (digital subscriber line) berkedip dengan stabil, sebagai penanda koneksi internet telah masuk dan bisa dicoba untuk digunakan.

Tindakan restart ini berfungsi untuk menyegarkan kembali sistem pada perangkat router yang mungkin mengalami gangguan, sehingga membuat sinyalnya tidak dapat terdeteksi dengan baik di HP.

5. Upgrade router

Kelima, pengguna bisa mencoba mengganti router dengan yang baru atau upgrade. Perangkat router yang sudah lama mungkin tidak mumpuni untuk menyalurkan koneksi dengan baik ke HP. Oleh karena itu, jika sudah lama, pengguna perlu upgrade router.

6. Matikan dan hubungkan kembali WiFi pada HP

Cara mengatasi WiFi tidak terdeteksi di HP yang keenam adalah dengan mematikan dan menghubungkan kembali WiFi pada HP. Pengguna bisa mematikan sejenak sambungan WiFi yang ada di HP.

Kemudian, tunggu beberapa saat, lalu aktifkan kembali koneksi WiFi pada HP. Setelah itu, coba lagi untuk mencari dan menghubungkan kembali jaringan WiFi pada HP.

7. Restart HP

Cara mengatasi WiFi tidak terdeteksi di HP yang ketujuh adalah dengan restart HP. Tindakan ini bisa menyegarkan kembali sistem HP yang mengalami gangguan, yang mungkin bisa menyebabkan masalah WiFi tidak terdeteksi di HP.

Untuk restart HP, caranya matikan HP dengan menekan tombol power dan tunggu beberapa saat. Setelah mati dalam beberapa waktu, pengguna bisa menekan tombol power untuk menghidupkan HP kembali.

8. Reset jaringan HP

Berikutnya, cara mengatasi WiFi tidak terdeteksi di HP adalah dengan melakukan reset pengaturan jaringan. Tindakan ini juga dapat menyegarkan kembali sistem jaringan di HP yang mengalami gangguan, sehingga mungkin membuat koneksi internet jadi lambat.

Untuk melakukan reset pengaturan jaringan, caranya bisa berbeda-beda di tiap HP. Jika menggunakan HP Samsung, pengguna bisa buka menu pengaturan. Lalu, pilih menu “General Management” dan klik opsi “Reset”.

Setelah itu, pilih opsi “Reset Network Setting” dan klik “Reset Setting”. Setelah memilih opsi tersebut, HP bakal mati dan sistem jaringan di HP yang terdiri dari sistem jaringan WiFi, seluler, dan bluetooth bakal diatur ulang seperti ke setelan awal pabrik.

9. Update software HP

Cara mengatasi WiFi tidak terdeteksi di HP yang berikutnya adalah dengan update atau memperbarui sistem perangkat lunaknya (software). Update software biasanya bakal membawa sejumlah perbaikan, termasuk mungkin perbaikan pada masalah jaringan.

Oleh karena itu, jika tersedia versi software atau sistem operasi terbaru, pengguna bisa melakukan update untuk membantu mengatasi WiFi tidak terdeteksi di HP. Cara update software bisa dilakukan melalui menu pengaturan pembaruan perangkat lunak di HP.

10. Bawa ke tempat servis

Cara yang berikutnya adalah dengan membawa HP ke tempat servis terpercaya. Sebagaimana disebutkan di atas, masalah WiFi HP tidak muncul bisa disebabkan karena terjadi kerusakan pada komponen untuk menangkap sinyal WiFii.

Saat komponen itu rusak, HP jadi tidak bisa menangkap sinyal WiFi. Jika terjadi kerusakan, pengguna bisa membawanya ke tempat servis terpercaya untuk mendapatkan perbaikan atau penggantian komponen.

Cukup mudah bukan cara mengatasi WiFi tidak terdeteksi di HP? Melalui beberapa cara di atas, pengguna tak perlu bingung dan panik ketika menjumpai masalah WiFi HP tidak muncul, sehingga membuat kesulitan mengakses internet.

Dengan cara-cara tersebut, pengguna bisa mencoba mengatasi masalah itu secara mandiri terlebih dahulu, sebelum membawa HP ke tempat servis terpercaya untuk mendapatkan penanganan kerusakan komponen lebih lanjut.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar beberapa cara mengatasi WiFi tidak terdeteksi di HP dengan mudah dan praktis, selamat mencoba.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

https://tekno.kompas.com/read/2024/04/20/14150077/10-cara-mengatasi-wifi-tidak-terdeteksi-di-hp-dengan-mudah-dan-praktis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke