Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Follower Instagram Tiba-tiba Menurun? Ini Dia Penyebabnya

KOMPAS.com - Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang kerap digunakan masyarakat untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari kreator konten hingga untuk kebutuhan bisnis. Adapun Pengikut (followers) umumnya menjadi indikator keterlibatan akun Instagram.

Hal ini yang menjadi bagian penting pemilik akun untuk terus mengembangkan konten atau bisnisnya di Instagram. Namun sebagian pengguna tak jarang mengalami masalah terkait kuantitas pengikutnya.

Salah satunya followers Instagram yang tiba-tiba menurun. Hal ini tentu mempengaruhi engagement atau keterlibatan akun Instagram. Lantas mengapa pengikut IG tiba-tiba menurun? Berikut ini beberapa faktor yang bisa jadi penyebab followers Instagram menurun.

Membeli followers

Banyak sebagian pengguna yang ingin segera mendapatkan popularitas dan meningkatkan jumlah pengikutnya, sehingga mereka tergoda untuk membeli pengikut atau suka (likes) dengan membayar.

Namun, hal ini dapat meningkatkan risiko jika Anda memutuskan untuk membeli followers. Pengikut yang dibeli biasanya bukan orang asli, melainkan bot atau akun palsu. Akibatnya, mereka tidak aktif dan tidak berinteraksi dengan konten Anda.

Hal ini bisa berdampak negatif pada visibilitas akun IG Anda di fitur "Jelajahi/Explore" dan beranda Instagram. Dengan kurangnya interaksi dari pengikut palsu, akun Anda menjadi kurang menarik bagi pengguna asli dan sulit untuk menjangkau audiens yang sebenarnya.

Menggunakan bot untuk suka dan komentar

Meskipun hal ini bisa meningkatkan keterlibatan dengan cepat, orang lain biasanya bisa dengan mudah mengenali bahwa menggunakan bot adalah respon otomatis dan bukan tanggapan yang autentik dari pemilik akun.

Hal ini yang dapat mengurangi kepercayaan orang lain kepada akun Anda. Jika mereka merasa tidak mendapat respons yang pribadi, followers Anda bisa jadi akan berhenti mengikuti akunmu.

Frekuensi unggahan postingan yang tidak konsisten

Mengunggah postingan terlalu sering atau jarang bisa membuat pengikut Anda merasa kurang mendapatkan nilai dari akun Anda. Misalnya saja jika Anda jarang mengunggah, followers Anda bisa jadi lupa atau kehilangan minat terhadap akun IG Anda karena jarang melihat konten baru.

Perubahan algoritma Instagram

Dalam konteks media sosial, terutama Instagram, perubahan pada algoritma platform tersebut dapat memiliki dampak signifikan terhadap eksposur konten. Perubahan algoritma ini seringkali mengarah pada penyesuaian cara tampilan konten di feed pengguna, termasuk pengikut akun tertentu.

Penurunan eksposur dan keterlibatan yang berkelanjutan akibat perubahan algoritma dapat berkontribusi pada penurunan jumlah followers. Pengguna baru bisa jadi tidak menemukan konten Anda dengan mudah.

Selain itu followers lama bisa jadi kehilangan minat karena jarang melihat konten baru dari akun Anda.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

https://tekno.kompas.com/read/2024/04/20/17300007/kenapa-follower-instagram-tiba-tiba-menurun-ini-dia-penyebabnya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke