Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

"Microsoft Build: AI Day" Digelar di Jakarta, Dihadiri CEO Microsoft Satya Nadella

JAKARTA, KOMPAS.com - Raksasa teknologi Microsoft resmi menggelar acara Microsoft Build: AI Day pertama mereka di Indonesia. Acara ini digelar di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Selasa (30/4/2024).

Dalam acara ini hadir pula CEO Microsoft Satya Nadella yang memberikan pidato utama atau keynote speech. Ia hadir di acara tersebut setelah bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Acara Microsoft Build: AI Day sendiri merupakan rangkaian dari tur Microsoft di Asia Tenggara, merupakan kumpul temu para perusahaan, pegiat teknologi, hingga pengembang (developer) yang tertarik dengan beragam teknologi kecerdasan buatan (AI) terkini buatan Microsoft. 

Dalam pidatonya, Satya Nadella mengatakan bahwa Microsoft memiliki banyak teknologi dan solusi AI untuk Indonesia guna membantu mempercepat transformasi digital.

"Di Indonesia, Microsoft hadir di segala industri dengan teknologi dan solusi yang cukup lengkap, mulai dari AI, aneka tools untuk meningkatkan efisiensi, hingga beragam aplikasi Microsoft lainnya," ujar Nadella di atas panggung acara.

"Salah satu andalan kami saat ini adalah Copilot,  yang bisa berguna bagi semua pihak, developer, dan perusahaan di berbagai sektor, baik itu publik maupun swasta," imbuh Nadella.

Investasi Rp 27 triliun di Indonesia

Selain menjelaskan soal teknologi dan tools baru AI Microsoft, Nadella juga mengungkapkan bahwa Microsoft akan berinvestasi sebesar 1,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 27 triliun di Indonesia. 

Investasi ini akan digelontorkan selama empat tahun ke depan untuk infrastruktur cloud dan AI baru di Indonesia, kesempatan pelatihan keterampilan AI bagi 840.000 orang, dan dukungan terhadap komunitas developer dalam negeri yang terus berkembang. Ini merupakan investasi tunggal terbesar dalam 29 tahun sejarah Microsoft di Indonesia.

"Investasi yang kami umumkan hari ini, yang mencakup infrastruktur digital, keterampilan, dan dukungan bagi para developer, akan membantu Indonesia untuk terus melaju di era baru yang serba AI ini," jelas Nadella.

Turut hadir dalam acara adalah President Microsoft Asia, Ahmed Mazhari dan Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan. Mereka fokus menambahkan pernyataan Nadella soal investasi Microsoft di Indonesia. 

"Ini momen yang bagus untuk AI, dan di Indonesia, kami ingin terus membantu transformasi digital dan terus berinvestasi di sini untuk masa depan yang lebih baik," kata Ahmed.

"Kami sangat menerima kedatangan dan investasi Microsoft di Indonesia. Saya bahkan siap apabila hal-hal detail mengenai investasi ini dibicarakan sesegera mungkin," imbuh Luhut.

Microsoft Build: AI Day hanya diselenggarakan selama dua hari hingga Rabu (1/5/2024). Ajang ini juga akan digelar di Bangkok Thailand, diikuti dengan Kuala Lumpur, Malaysia pada Kamis (2/5/2024).

Dalam acara ini, para tamu undangan akan bisa bertemu dan berkolaborasi dengan para ahli di bidang AI, sekaligus mendapatkan sejumlah ilmu dan insight tentang AI Microsoft dengan mengikuti aneka sesi yang ada di dalam acara. 

Beberapa sesi yang bisa diikuti mencakup diskusi panel seputar kesetaraan gender di industri AI, diskusi mengenai Generative AI, beragam kegiatan coding kilat alias hackathon yang mengandalkan teknologi AI, hingga Connection Hub yang dapat menghubungkan satu developer dengan developer lainnya untuk berbagi pandangan mengenai AI. 

Selain itu, mereka juga bisa mengunjungi sejumlah stan (booth) Showcase yang berisi beberapa perusahaan yang telah menggunakan dan memanfaatkan AI Microsoft untuk kegiatan operasional mereka, tiga di antaranya adalah booth KAI, Dana, dan eFishery. 

https://tekno.kompas.com/read/2024/04/30/12251917/microsoft-build-ai-day-digelar-di-jakarta-dihadiri-ceo-microsoft-satya-nadella

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke