Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

X Twitter Rilis Fitur Stories, Rangkum "Trending Topic" Pakai AI Grok

KOMPAS.com - Media sosial berbasis teks X (dahulu Twitter) meluncurkan fitur baru bernama Stories. Namanya mirip seperti yang dimiliki Instagram. Namun, fungsinya sangat berbeda.

Fitur Stories milik X Twitter berguna untuk merangkum berbagai topik yang banyak diperbincangkan di X, alias trending topic. Rangkuman itu kemudian diberikan kepada masing-masing pengguna.

Supaya bisa merangkum berbagai topik hangat, X mengandalkan teknologi kecerdasan buatan (AI) berupa chatbot buatan perusahaan Elon Musk, yakni Grok. 

Seperti chatbot pada umumnya macam ChatGPT, Grok bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh penggunanya dengan nada jenaka.

Bedanya lagi, Grok memiliki akses khusus terhadap data dan twit di X, sehingga bisa dipergunakan untuk berbagai hal di X, termasuk merangkum cerita atau twit yang beredar di platform tersebut. Nah, fungsi inilah yang digunakan untuk fitur X Twitter Stories.

Pengumuman mengenai kehadiran fitur ini disampaikan lewat sebuah posting di akun resmi teknisi X di Twiitter dengan handle @XEng. Dalam unggahan tersebut, bisa dilihat fitur Stories akan bisa ditemukan di tab For You yang ada di laman Explore. 

Dalam tab ini, Grok akan menyuguhkan beberapa topik yang saat ini sedang trending, contohnya adalah topik "Poloton CEO Steps Down, 400 Employees Laid Off", "Steelers Decline Fields & Harris: A Proving Ground", dan lain sebagainya, seperti tampak pada gambar di kiri di atas.

Ketika salah satu topik diklik, misalnya topik "Kendrick Lamar's 'Euphoria' Breaks Spotify Records", maka Grok akan merangkum apa sebenarnya informasi inti dari twit-twit para pengguna di X yang sedang membicarakan topik tersebut, seperti gambar di kanan di atas. 

Nantinya, twit-twit pengguna yang berkaitan dengan topik tersebut akan muncul tepat di bawah rangkuman yang dibikin Grok. Twit ini dibagi menjadi dua tab, yaitu twit yang ramai didiskusikan di tab "Top" dan twit terbaru yang ada di tab "Latest".

Tidak gratis

Tertarik memanfaatkan Grok untuk merangkum twit populer?

Untuk menikmati fitur Stories, pengguna X Twitter harus berlangganan minimal layanan Premium Twitter yang dibanderol mulai dari Rp 120.000 per bulan.

Dengan kata lain, pelanggan berbayar dengan level Basic (berbanderol Rp 33.750 per bulan), tentunya juga yang gratisan, belum bisa memanfaatkan fitur Stories ini.

Selain itu, fitur tersebut juga saat ini hanya tersedia untuk X di platform web dan iOS saja, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Senin (6/5/2024).

Belum ada informasi apakah fitur merangkum topik yang sedang trending menggunakan Grok ini nantinya akan hadir di X versi Android atau tidak. Kita nantikan saja.

https://tekno.kompas.com/read/2024/05/06/10310017/x-twitter-rilis-fitur-stories-rangkum-trending-topic-pakai-ai-grok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke