Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bocoran Gadget Baru yang Rilis di Apple Event Nanti Malam, Ada iPad Pro?

Apple Event ini bisa ditonton secara online lewat situs resmi Apple.com atau lewat aplikasi Apple TV.

Alternatifnya, pengguna juga bisa menyaksikan acara peluncuran ini lewat platform YouTube di tautan berikut ini. Adapun video ini dilaporkan akan berdurasi sekitar 35 menit.

Let Loose rumornya akan ajang peluncuran lini tablet iPad terbaru Apple, yakni iPad Pro dan iPad Air. Selain itu, Apple juga bakal memperbarui sejumlah aksesori untuk iPad.

Jika akurat, artinya Apple kembali merilis iPad setelah absen pada 2023. Jeda satu tahun ini kabarnya diambil karena Apple ingin mengevaluasi ulang arah dan sasaran dari penjualan iPad.

Apple sebenarnya tidak memberikan kisi-kisi gadget baru apa saja yang bakal dirilis di acara Apple Event nanti malam, namun sejumlah bocoran menduga Apple juga akan meluncurkan perangkat lain, selain iPad.

Selengkapnya, simak rincian produk yang rumornya bakal diluncurkan di acara Apple Let Loose.

Layar OLED sejatinya menampilkan warna hitam yang lebih pekat, kontras warna yang lebih baik, dan efisiensi daya tablet yang lebih baik.

Panel ini juga mempunyai piksel yang bisa dikontrol satu per satu, sehingga konten dengan rentang dinamis tinggi (high dynamic range/HDR) terlihat lebih realistis.

Apple rumornya akan menghadirkan panel OLED terbaik di pasaran, yang mempunyai tingkat kecerahan (brightness) yang lebih tinggi, masa pakai baterai yang lebih lama, refresh rate ProMotion 120 Hz, dan masa pakai teknologi OLED yang lebih lama.

Kabarnya iPad Pro ini akan tersedia dalam dua ukuran, yaitu 11,1 inci dan 12,9 inci. Duo iPad Pro ini konon lebih tipis dengan bingkai (bezel) yang lebih ramping.

iPad Pro 11,1 inci diperkirakan memiliki ketebalan 5,1 mm, menurun dari 5,9 mm di model pendahulunya. Sementara itu, model 12,9 inci bakal memiliki ketebalan 5 mm, alias menurun dari 6,4 mm.

Ukuran kedua tablet ini kurang lebih sama seperti model iPad Pro sebelumnya, tetapi panjang dan lebarnya sedikit berbeda.

Di sektor jeroan, tidak diketahui pastinya chip M-series apa yang bakal digunakan iPad Pro.

Ada kemungkinan tablet ini bakal menjadi perangkat pertama yang ditenagai oleh chipset M4 yang mengunggulkan fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Rumor lainnya mengeklaim bahwa Apple bakal menggunakan chip M3 yang mengotaki komputer iMac dan laptop MacBook Air.

Di sektor fotografi, kamera selfie iPad Pro konon bakal diposisikan secara horizontal (landscape), bukan secara vertikal. Jadi, pengguna bisa lebih nyaman menggunakan kamera, saat iPad terhubung dengan Magic Keyboard.

Bocoran lainnya mencakup dukungan charging magnetik MagSafe, layar matte, dan media penyimpanan (storage) 4 TB.

Ada kemungkinan harga iPad Pro bakal meningkat akibat penggunaan teknologi layar OLED.

Belum diketahui harga pasti dari iPad Pro terbaru. Beberapa rumor menyebut harganya naik 160 dollar AS (sekitar Rp 2,5 juta) hingga 700 dollar AS (sekitar Rp 11,2 juta) dibanding model sebelumnya.

Sebagai perbandingan, iPad Pro 11 inci pada 2022 dijual seharga 799 dollar AS (sekitar Rp 12,8 juta), sedangkan iPad Pro 12,9 inci dibanderol seharga 1.099 dollar AS (sekitar Rp 17,6 juta).

Model pertama akan menjadi suksesor dari iPad Air 2022, dan memiliki ukuran 10,9 inci. Di sisi lain, iPad Air model kedua bakal berukuran 12,9 inci seperti iPad Pro, sehingga aksesibel bagi pengguna yang ingin iPad layar besar dengan harga terjangkau.

Berbeda dari iPad Pro, iPad Air konon akan menggunakan layar LCD, bukan OLED. Dengan begitu, pengguna tidak bisa menikmati sejumlah fitur OLED yang sudah disebutkan sebelumnya, seperti warna hitam yang lebih pekat.

Desain iPad Air diperkirakan tidak banyak berubah, kecuali ukurannya yang lebih besar.

Kedua model iPad Air bakal terlihat seperti iPad Air 4, yang membawa bezel tipis, serta sasis aluminium dengan tepi datar dan membulat. Tablet ini rumornya lebih tebal daripada iPad Pro, termasuk bezel layarnya.

Merujuk pada bocoran render tiga dimensi (3D) iPad Air, punggung tablet ini dilengkapi modul kamera menyerupai pil, yang mirip seperti bocoran desain iPhone 16.

Rumor lainnya, Apple bakal menghadirkan opsi warna baru, chipset M3, Bluetooth 5.3, dan masih banyak lagi. Harganya diperkirakan berada di kisaran 799 dollar AS (setara Rp 12,8 juta).

Tidak diketahui apakah desain pena digital ini akan diubah, tetapi pena ini diperkirakan bakal menjadi Apple Pencil pertama yang mendukung haptic feedback.

Haptic feedback merupakan teknologi yang bisa menghasilkan getaran (vibration) pada perangkat.

Konon, haptic feedback ini berupa dukungan gestur meremas (squeeze) untuk melakukan tugas cepat, misalnya membuka peralatan (tools) atau pengaturan di aplikasi.

Ada rumor bahwa Apple Pencil 3 dilengkapi ujung pena (tip) magnetik yang bisa dilepas atau ditukar. Selain itu, ada kemungkinan pena digital ini akan diintegrasikan dengan headset Apple Vision Pro, dan bisa digunakan di aplikasi yang mendukung visionOS.

Bocoran lainnya mencakup pilihan warna Apple Pencil yang terbagi menjadi hitam dan putih, penamaan Apple Pencil Pro, serta fitur untuk menghapus. Akan tetapi, belum diketahui kegunaan fitur menghapus ini secara detail.

Bingkai dan area sekitar keyboard bakal menggunakan material aluminium, sedangkan cangkang luarnya masih dibuat dari silikon.

Dengan bahan aluminium ini, kombinasi iPad dan Magic Keyboard bakal terlihat seperti MacBook. Hal ini ditambah juga dengan keberadaan trackpad besar mirip seperti MacBook.

Jadi, keyboard ini akan menawarkan pengalaman mengetik seperti laptop MacBook.

Soal harga, diperkirakan Magic Keyboard bakal lebih mahal dibandingkan generasi sebelumnya. Sebagai perbandingan, model terbaru Magic Keyboard dibanderol seharga 299 dollar AS (sekitar Rp 4,8 juta) untuk versi 11 inci.

Magic Keyboard diklaim kompatibel dengan semua model iPad Pro dan iPad Air terbaru.

Aksesori lainnya

Apple rutin memperbarui smartwatch Apple Watch, serta casing iPhone dan iPad, yakni dengan memperkenalkan varian warna baru.

Ada kemungkinan Apple juga akan memperkenalkan warna baru bertema musim panas untuk berbagai aksesorinya. Apple pun juga harus memperbarui casing iPad untuk mengakomodasi desain baru tabletnya itu.

Ekspansi Vision Pro

Terakhir, Apple dirumorkan bakal memboyong headset Apple Vision Pro ke lebih banyak negara, sebelum acara kumpul-kumpul developer World Wide Developer Conference (WWDC) 2024 digelar.

Sebelumnya, Apple Vision Pro hanya tersedia di Amerika Serikat saja. Jika rumor ini akurat, Apple bakal memboyong headset-nya itu ke area Inggris Raya, Kanada, China, dan lain-lain pada awal Mei ini, sebagaimana dikutip KompasTekno dari MacRumors, Selasa (7/5/2024).

https://tekno.kompas.com/read/2024/05/07/11300037/bocoran-gadget-baru-yang-rilis-di-apple-event-nanti-malam-ada-ipad-pro-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke