Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengulik Kemampuan Fredrinn, Hero "Tank" Mobile Legends yang Sering Dipasang Jadi "Jungler"

KOMPAS.com - Game populer buatan Moonton, yaitu Mobile Legends (MLBB) menyediakan banyak karakter (hero) yang bisa digunakan oleh para pemain. 

Setiap hero memiliki karakteristik, keunggulan, serta kelemahan masing-masing. Secara berkala ada beberapa hero yang masuk ke dalam "meta" dalam suatu pertandingan Mobile Legends.

Meta merupakan singkatan dari "Most Effective Tactics Available". Istilah ini kerap digunakan di dunia game, terutama game kompetitif seperti Mobile Legends.

Dalam game Mobile Legends, meta adalah sebutan untuk hero atau karakter yang dipakai oleh pemain di dalam game untuk mendapatkan kemenangan dengan mudah. 

Salah satu hero yang sedang masuk dalam kategori meta di MLBB adalah Fredrinn. Karakter ini berjenis "Tank".

Dalam Mobile Legends, karakter Tank memiliki keunggulan pertahanan (defense) yang tinggi dan "nyawa" (hit points/HP) yang lebih banyak dari tipe hero lainnya. Namun, kelemahan karakter ini tidak memiliki kemampuan yang bisa melukai musuh dengan cepat.

Namun, dalam beberapa waktu belakangan ini kerap terjadi "penyimpangan" di Mobile Legends. Karakter Fredrinn yang seharusnya memegang peran sebagai Tank justru sering dipasang menjadi "Jungler".

Karakter yang dipasang sebagai Jungler biasanya memiliki kemampuan menyerang yang lebih baik untuk melukai lawan dan kemampuan pertahanannya lebih rendah. Karakteristik hero Jungler ini bertolak belakang dengan hero Tank.

Nah, lantas kenapa Fredrinn yang seharusnya memegang peran sebagai Tank justru kerap dipasang menjadi Jungler?

Jungler sejatinya merupakan peran utama di dalam game yang memungkinkan suatu pemain membasmi aneka monster yang ada di dalam hutan secara efisien.

Hal ini bertujuan supaya ia bisa menaikkan level dan kemampuannya dengan cepat, sehingga mampu melancarkan strategi dan serangan dengan baik dan cerdik, tentunya demi kemenangan sebuah tim.

Selain itu, Jungler juga berperan sebagai orang yang mengontrol peta (map) dan menjebak hero musuh secara tiba-tiba.

Nah, di game Mobile Legends, posisi Jungler biasanya diisi oleh hero-hero dengan karakteristik Assassin atau Fighter yang memiliki kemampuan menyerang lebih tinggi dan bisa membasmi musuh dengan cepat dan instan.

Sementara karakter atau hero Mobile Legends yang memiliki peran Tank, seperti Fredrinn tadi, biasanya dipakai untuk menjadi garda terdepan untuk menahan serangan dari musuh.

Dengan begitu, meta Jungler Tank ini bisa dibilang bertolak belakang dengan peran yang seharusnya dimainkan oleh sebuah hero Assassin di dalam game.

Menurut berbagai laporan media yang membahas game, Tank Jungler ramai dipakai karena memiliki HP yang besar, dan hal ini membuat peperangan yang terjadi di dalam game akan menjadi cukup sengit.

Di samping itu, defense yang dimiliki oleh sebuah Tank Jungler juga akan bisa membuat dia tahan lama untuk menyelesaikan suatu objektif di dalam game, seperti membasmi monster besar macam "Turtle" atau "Lord".

Terkait Fredrinn di atas, pantauan KompasTekno ketika memainkan game MLBB secara rutin di mode "Ranked", Fredrinn banyak dipakai oleh musuh maupun rekan satu tim. Tak jarang, Fredrinn akan diblokir alias di-ban agar tidak dipakai oleh tim musuh.

Kepopuleran Fredrinn tak hanya bisa dilihat di dalam game, melainkan juga di turnamen kompetitif e-sports sekelas MLBB Professional League Indonesia Season 13 (MPL S13). 

Fredrinn menjadi hero yang paling banyak dipakai di MPL S13 hingga saat ini.

Berdasarkan informasi dari database e-sports Liquipedia, dari total 151 game yang sudah berjalan sejauh ini, Fredrinn dipakai (pick) sebanyak 87 kali dan di-ban sebanyak 27 kali.

Tiga tim e-sports yang paling sering menggunakan Fredrinn adalah Onic Esports (15 kali), Geek Fam ID (13 kali), dan Bigetron Alpha (12 kali). 

Penggunaan Fredrinn tampaknya terbukti membuat ketiga tim ini sukses di babak Regular Season MPL S13. 

Pasalnya, ketiga tim tersebut kini mengisi posisi tiga teratas di klasemen sementara untuk babak Regular Season MPL S13.

Tidak hanya itu, mereka juga sudah dipastikan akan masuk ke babak penyisihan (Playoff) MPL S13 yang akan digelar pada 5-9 Juni 2024 mendatang.

Belum bisa dipastikan mengapa para pro player gemar memakai Fredrinn. Namun, ada kemungkinan hero ini dipilih karena memiliki HP yang cukup besar, sehingga bisa bertahan ketika adu objektif dengan Jungler musuh, seperti membasmi Turtle atau Lord.

Selain merupakan hero yang cukup "tebal" dan bisa tahan lama di dalam game, aneka kemampuan (skill) yang dimiliki hero tersebut juga bisa dibilang cukup ampuh untuk menghentikan pergerakan musuh. 

Secara garis besar, Fredrinn merupakan hero Tank yang bisa membuat musuh tak berdaya. Sebab, skill yang dimiliki Fredrinn bisa dikombinasikan untuk memaksa (taunt) musuh menyerang dia.

Kemampuan taunt ini berasal dari skill 3 Fredrinn yang bernama "Energy Eruption". Dengan skill ini, Fredrinn akan memaksa musuh di sekitarnya menyerang dia selama durasi sekitar 1 detik.

Dalam durasi ini juga, Fredrinn akan mendapatkan peningkatan defense, sehingga ia akan semakin kuat ketika dipukul oleh musuh yang terkena efek taunt.

Selain memberikan efek taunt kepada musuh, skill ini juga bakal memberikan efek pengurangan HP kepada musuh, alias damage, yang berada di sekitar Fredrinn. Artinya, skill 3 Fredrinn bisa digunakan untuk menyerang dan bertahan.

Di samping skill 3, skill 2 Fredrinn yang bernama "Brave Assault" juga bisa digunakan untuk membuat musuh tak bisa bergerak.

Secara detail, skill ini akan membuat Fredrinn melaju (dash) ke arah tertentu untuk memberikan efek damage kepada musuh yang ada di depannya.

Setelah itu, serangan Fredrinn selanjutnya akan membuat musuh terlempar ke atas alias mendapatkan efek airborne selama 0,3 detik. Artinya, musuh juga tak akan berdaya terkena skill kedua Fredrinn ini.

Skill kedua ini lantas bisa dikombinasikan dengan skill 1 Fredrinn yang bernama "Piercing Strike".

Dengan skill ini, Fredrinn akan memberikan efek damage pada musuh di depannya, dan serangan Fredrinn selanjutnya akan mendapatkan peningkatan jarak dan besar damage kepada musuh. 

Selain ketiga skill Fredrinn di atas, skill Ultimate Fredrinn, yang bernama "Appraiser's Wrath" juga tak kalah penting untuk membuat musuhnya kelabakan, lantaran memiliki damage yang cukup besar alias "sakit".

Lebih lanjut, skill ini memungkinkan Fredrinn memberikan damage pada musuh yang berada di area depannya berdasarkan jumlah nyawa alias HP yang ia miliki. Semakin sedikit HP yang ia miliki, maka semakin sakit damage yang diberikan ke musuh.

Artinya, skill Ultimate Fredrinn akan sangat berkesinambungan dengan skill 3 yang memiliki efek taunt tadi.

Adapun skill Ultimate Fredrinn hanya akan bisa digunakan ketika ia memiliki minimal 3 buah "Combo Points". Combo Points merupakan benefit dari skill Passive Freddrin yang bernama "Crystalline Armor".

Combo Points sendiri bisa diisi apabila skill yang dimiliki Fredrinn berhasil mengenai musuh. Dengan begitu, kombinasi skill 1, skill 2, skill 3, dan diakhiri dengan skill Ultimate bisa dipakai untuk membuat musuh tak berdaya, sekaligus mengeliminasinya.

Kombinasi skill ini juga bisa membuat musuh terpaksa menggunakan hero Jungler bertipe Tank. Sebab, apabila musuh menggunakan Jungler konvensional dengan tipe Assassin, maka ada kemungkinan mereka akan kalah ketika adu jotos satu lawan satu dengan Fredrinn.

Hal ini pula yang boleh jadi membuat banyak pemain MLBB, termasuk para pro player ramai menggunakan Jungler bertipe Tank, sehingga bisa menjadi meta di Mobile Legends saat ini. 

Di samping Fredrinn, hero Tank yang biasa dipakai untuk role Jungler adalah Barats, Baxia, dan Akai. Di MPL S13, ketiga hero tersebut masing-masing dipakai sebanyak 66 kali, 63 kali, dan 26 kali dari total sekitar 151 game.

https://tekno.kompas.com/read/2024/05/13/13040037/mengulik-kemampuan-fredrinn-hero-tank-mobile-legends-yang-sering-dipasang-jadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke