Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan BlackBerry Messenger Tumbang

Kompas.com - 12/05/2013, 23:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Layanan pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) mengalami gangguan pada Minggu (12/5/2013) malam. Penyebab gangguan belum diketahui secara pasti.

Sekitar pukul 21.00 WIB, pengguna BBM yang berlokasi di Jakarta dan sekitarnya mulai mengeluhkan gangguan yang mereka alami di jejaring sosial Twitter. Sementara layanan BBM mengadat, pengguna masih bisa berselancar internet dan mengirim email dari ponsel BlackBerry.

"BBM down. Kirim BBM tapi dapetnya tanda silang," tulis salah seorang pengguna di Jakarta. Pengguna BBM yang berasal dari Malaysia juga tak bisa mengakses layanan ini.

Operator seluler Indosat melalui akun Twitter-nya, @IndosatCare pun telah mengonfirmasi masalah ini melalui pesan ke beberapa pengguna. "Mohon maaf, saat ini sedang dilakukan pemeliharaan sistem dari RIM, silahkan bisa coba kembali 2 jam kedepan ya," tulis akun tersebut.

Hal serupa dilakukan operator XL melalui akun Twitter, @XLCare, dengan pesan: "Tweepscare, saat ini sedang ada optimalisasi untuk akses layanan Blackberry dan Internet, akan kami update kembali jika sudah selesai. Thanks."

Dari pantauan KompasTekno di lini masa Twitter, beredar kabar bahwa layanan BlackBerry Messenger untuk wilayah Asia Pasifik sedang bermasalah mulai jam 20.45 WIB sampai 02.00 WIB hari Senin (13/5/2013). Meski demikian, kabar ini belum dapat dikonfirmasi karena pihak BlackBerry belum memberi keterangan resmi.

Peristiwa gangguan pada layanan BlackBerry kali ini merupakan yang pertama di tahun 2013. Sepanjang 2012 lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat layanan BlackBerry mengalami gangguan sebanyak 3 kali di Indonesia.

Gangguan pertama tahun 2012 terjadi pada layanan email BlackBerry di akhir Maret 2012. Kemudian pada 15 Agustus 2012, layanan email BlackBerry kembali mengalami gangguan. Ketiga, giliran pesan instan BlackBerry Messenger yang terganggu pada 2 Oktober 2012.

Update: Layanan BlackBerry Messenger telah berangsur pulih, mulai Senin (13/5/2013) dini hari, "Layanan BlackBerry Messenger Berangsur Pulih". Pengguna pun diminta mencabut baterai ponselnya. Selengkapnya baca di "Layanan BBM Pulih, Pengguna Diminta "Cabut Baterai"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com