Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop Asus Eee Habis Diserbu Pembeli

Kompas.com - 04/02/2008, 12:02 WIB

JAKARTA, SELASA - Hari Sabtu lalu (26/1), ratusan orang mengantri dalam penjualan perdana laptop super murah produksi Asus, Eee, di Mall Kelapa Gaduing II Atrium, Jakarta. Antrian ini terjadi sejak pukul 08.00 WIB meski pihak Asus Indonesia baru membuka penjualan tersebut pukul 2 siang. Dalam setengah hari saja seluruh Eee PC (begitu pihak Asus menyebutnya) ludes dibeli konsumen.

Sebelum diluncurkan secara global, harga Eee PC diperkirakan hanya US$ 200 saja namun ketika dijual harganya menjadi Rp 3,6 juta. Itupun bagi Asus Eee yang dilengkapi dengan sistem operasi Linux sedangkan untuk sistem operasi Windows Home dipatok sekitar Rp 3,9 juta. Microsoft sendiri ternyata memberikan subsidi 50 persen kepada Asus khusus untuk penjualan perdana tersebut. Sebagai catatan, harga software Windows XP Home Edition sekitar Rp 800.000.

Model perdana Eee PC yang dijual memiliki tampilan LCD 7 inci, storage internal 4GB (dalam bentuk Solid-State Disk), memori DDR2 512MB, batere 5200mAh yang tahan selama 3,5 jam operasional, dan dilengkapi dengan Webcam plus jaringan wireless. Notebook berbobot 0,92kg ini termasuk tahan banting karena tidak mengguankan harddisk dengan cakram melainkan semacam chip seperti halnya flashdisk.

Dalam waktu dekat Asus Indonesia juga akan meluncurkan produk baru serupa dan melakukan penjualan langsung seperti Sabtu lalu. Namun model baru Eee diperkirakan agak lebih mahal karena spesifikasi yang lebih tinggi dan terbatasnya unit yang tersedia. "Sebelumnya kami memperkirakan bahwa stok yang baru nanti hanya sekitar 40.000 unit namun ternyata pihak kami optimis dapat memberikan kira-kira 60.000 unit untuk dijual oleh pihak retail di Indonesia," kata Darwin Wu, Director Southeast Asia Sales & Marketing Department dari AsusTek Computer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com