Lukisan Cat Minyak Tertua Ditemukan di Afghanistan

Kompas.com - 12/02/2008, 22:24 WIB
Editor

JAKARTA, SELASA - Lukisan mural yang sempat porak-poranda karena pertikaian di Afghanistan ternyata lukisan cat minyak tertua di dunia.

Lukisan tersebut ditemukan di dalam gua-gua di Lembah Bamian di bagian barat laut Afghanistan, sekitar 240 kilometer dari Kabul. Satu di antara 12 lukisan dinding tersebut yang baru ditemukan akhir-akhir ini ternyata mengandung bahan resin sebagai pencampur cat minyak.

Para peneliti baru mengetahuinya saat melakukan analisis kimia terhadap bahan cat yang digunakan. Analisis tersebut merupakan bagian dari proses restorasi dan perbaikan situs bersejarah tersebut, termasuk di antaranya dua patung Budha, yang dirusak tentara Taliban pada tahun 2001.

Bahan pencampur tersebut digunakan untuk mempercepat proses pengeringan dan memperkuat menempelnya cat ke dinding. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa lukisan dibuat sekitar abad ketujuh atau 100 tahun lebih awal daripada lukisan cat minyak tertua di Eropa.

Hal ini menunjukkan bahwa penduduk Afghanistan menjadi orang pertama di dunia yang menemukan cat minyak.
Yoko Taniguchi dari Japan Center for International Cooperation in Conservation di Tokyo melaporkan temuannya itu dalam sebuah simposium bulan lalu.(NATIONAL GEOGRAPHIC/WAH)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.