Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indosat Target 300.000 Pelanggan Broadband Seluler

Kompas.com - 27/02/2008, 14:58 WIB

JAKARTA, RABU - Sampai pertengahan 2008, Indosat melalui divisi usaha Indosat M2 berharap dapat meraih 300.000 pelanggan broadband melalui jaringan selulernya. Diversifikasi produk masih menjadi andalan untuk memperluas segmen pasar yang identik dengan pengguna internet ini.

Upaya menggenjot jumlah pelanggan dilakukan dengan meluncurkan layanan Broadband dengan kartu prabayar. Dengan layanan ini, pengguna tidak harus terikat kontrak langganan selama berbulan-bulan.

"Kita buat seperti kartu seluler, penjualan voucher isi  ulang juga dilakukan melalui putlet-outlet seluler yang ada," jelas Indar Atmanto, President Director IndosatM2 pada peluncuran IM2 Broadband Prabayar di Jakarta, Rabu (27/2). Ia berharap kemudahan memperoleh akses broadband akan mempercepat penetrasi internet hingga ke daerah-daerah.

Voucher perdana akan dijual Rp150.000 dengan kuota akses 160 MB. Masa tenggang akan tetap diberlakukan dan saat ini baru tersedia voucher isi ulang Rp150.000 untuk 240 MB, Rp100.000 untuk 160 MB, dan Rp50.000 untuk 80 MB.

Dengan kartu prabayar, IM2 memiliki kesempatan masuk ke segmen pelanggan lebih luas. Jika selama ini, pelanggan IM2 Broadband dengan skema berlangganan pascabayar rata-rata para profesional, skema prabayar diharapkan dapat menjangkau anak-anak muda, seperti gamer, anak-anak SMP dan SMA, serta blogger.

"Kalau pesimis 300.000 kartu bisa, optimisnya 500.000 kartu lah. Pada tahap awal sampai semester pertama tahun ini bisa kita capai," kata Hermanudin, General Manager of Business Planning and Development IndosatM2. Ia mengatakan jumlah pelanggan IM2 Broadband saat ini sekitar 100.000.

Layanan broadband IM2 mendukung akses dari GPRS hingga 3,5 G dengan teknologi HSDPA (High Speed Downlink Packet Access). Jaringannya telah menjangkau 22 juta populasi di 18 kota, masing-masing Jadetabek, Banda Aceh, batam, Medan, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Cilacap, Magelang, Cepu, Jepara, Surabaya, Salatiga, Kudus, Denpasar, Samarinda, Balikpapan, dan Makassar.

"Bogor tahun ini masuk. Setiap minggu ada penambahan node B untuk HSDPA antara 7 hingga 10," ujar Dede Rusnandar, Opreration Director IM2. Selama tahun 2008, jaringan akan ditambah 22 kota hingga ke wilayah rural (pedesaan).(WAH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com