Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan GSM Axis Masuk Jawa Timur

Kompas.com - 27/02/2008, 21:00 WIB

SURABAYA, RABU - Operator seluler Natrindo Telekomunikasi Seluler (NTS) meluncurkan layanan seluler berbasisi GSM dengan merek Axis di Jawa Timur. Axis Centres telah dibangun di Surabaya dan Malang dan berencana mendirikan BTS hingga 1.000 unit hingga akhir 2008.

Saat ini, di Jawa Timur sudah ada 300 BTS dengan wilayah jangkauan jaringan mencakup, antara lain Surabaya, Mojokerto, Lamongan, Magetan, Madiun, Nganjuk, Malang dan Batu. Ditargetkan akhir 2008 seluruh Jawa Timur sudah bisa diakses dengan menggunakan kartu dengan ciri khas warna warni tersebut.

"Nantinya kami akan menjangkau lebih luas lagi, seperti Trenggalek, termasuk Jember dan sekitarnya hingga seluruh Jawa Timur terjangkau semua. Semua investasi yang kami gunakan untuk pengembangan Axis ini mencapai 500 juta dolar AS," kata CEO NTS, Erik Aas, kepada wartawan di Surabaya, Rabu (27/2).

Meskipun Axis menggunakan teknologi GSM, pihaknya optimistis bisa bersaing dengan operator lain yang saat ini banyak menjanjikan tarif murah dengan teknologi CDMA. Apalagi, teknologi telekomunikasi di dunia saat ini masih didominasi teknologi yang menggunakan GSM.

"Ada beberapa strategi yang kami gunakan untuk ini, antara lain menghilangkan perbedaan tarif kalau telepon ke operator lain. Maksudnya dengan menggunakan Axis, untuk telepon satu menit hanya Rp600 ke semua operator, sedangkan sesama Axis hanya Rp60, sementara SMS ke semua operator hanya Rp60," katanya

Selain itu, Axis memiliki masa aktif 30 hari dengan masa tenggang 90 hari. Untuk lamanya menelpon, Axis juga sangat transparan, karena dihitung setelah 15 detik pertama dan jika hanya menghubungi operator lain dalam waktu 30 detik hanya dikenai tarif Rp300.

NTS yang dulu bernama Lippo Telecom kini didukung operator Saudi Telecom Company (Saudi Arabia) serta Maxis Communications (Malaysia). Layananya sudah mejangkau bandung dan Jakarta meski sangat terbatas.(ANT/WAH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com