Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Notebook Makin Diminati Ketimbang Desktop

Kompas.com - 25/03/2008, 23:02 WIB

JAKARTA, SELASA - Para pengguna komputer di Indonesia semakin menyukai produk notebook yang dapat dibawa-bawa daripada desktop. Hal tersebut dapat dilihat dari naiknya pangsa pasar notebook di Indonesia meskipun masih belum sebesar desktop.

Data survei IDC  menunjukkan pasar notebook mengalami peningkatan dari 23 persen pada tahun 2006 menjadi 31 persen pada 2007. Selama 2007 total penjualan notebook mencapai sekitar 540.000 unit dan diprediksi menembus 700.000 unit. Penjualan notebook diperkirakan mengaami peningkatan 12 persen tahun ini dan 18 persen tahun depan.

"Kita melihat ada shifted dari form faktor. Di toko-toko komputer lebih seikit dijumpai desktop," ujar Ari Kunwidodo, Direktur OEM PT Microsoft Indonesia pada peluncuran program Indonesia Right PC Heroes di Jakarta, Selasa (25/3). Melalui program ini, Microsoft menggandeng tiga perusahaan PC lokal, masing-masing Zyrex, Wearness, dan Axioo untuk menyediakan notebook dan desktop seharga Rp4 juta hingga Rp10 juta.

Menurut Ari, kisaran harga tersebut, antara 500-1000 dollar AS mewakili pangsa terbesar dalam pasar PC di Indonesia sekitar 57 persen. PC di bawah harga 500 dollar AS  sebanyak 22 persen. Untuk 1000-1500 dollar AS sebanyak 15 persen sedangkan 6 persen di atas 1500 dollar AS.

Sementara hasil survei internal Microsoft menunjukkan bahwa pengguna pertama yang baru pertama kali membeli PC umumnya tidak begitu peduli dengan spesifikasi produk yang akan dibeli namun hanya mau membeli jika harganya di bawah 506 dollar AS. Kelompok yang sudah menggunakan PC umumnya mau membeli dengan harga lebih tinggi untuk spesifikasi yang lebih baik.(WAH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com