Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dian Sastro Bawa Obor Olimpiade

Kompas.com - 10/04/2008, 15:36 WIB
 
Dian Sastro akan jadi salah satu pembawa obor dalam Beijing 2008 Olympic Torch Relay saat mampir di tanah air tanggal 22 April nanti.
 
Artis yang tengah bersinar di jagad sinema Indonesia ini disebut sebagai Imaginative New Thinker oleh Lenovo, berkat talentanya sebagai seorang duta yang bisa membawa kebudayaan dan film Indonesia ke Asia Pasifik. Apa yang dilakukan Dian Sastro dipandang Lenovo dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan akan kreativitas dan kesenian Indonesia.
 
Selain artis, tentu saja masih ada nama-nama lain yang akan mendapat kehormatan mengusung obor Olimpiade. Seperti Chern Yue Boey (Eksekutif Lenovo), J. Wendra Lea (mitra Lenovo), dan Wisnu Wardana (customer Lenovo). Dari masyarakat umum muncul nama Bernaridho Hutabarat dan Alfian Salim. Bernaridho yang dikategorikan sebagai Explorer dari kriteria New Thinker dipilih karena berhasil menciptakan sebuah bahasa pemrograman yang sangat mudah digunakan. Sedangkan Alfian Salim, Proactive New thinker, dinilai pantas membawa obor karena kontribusinya dalam komunitas pendidikan Indonesia.
 
Para pembawa obor ini telah melalui proses seleksi oleh Lenovo. Vendor TI ini menunjuk individu berdasarkan kriteria New Thinker, individu yang mempunyai filosofi, visi global yang sejalan dengan Lenovo. Ada 5 kriteria New Thinker: Motivator, Provocative, Imaginative, Individualistic, dan Explorer.
 
Deepak Advani (Senior VP & Chief Marketing Officer Lenovo) menyebut para individu yang ditunjuk itu mewakili semangat Lenovo dalam hal kreativitas dan spirit kewirausahaan. “Kami bermaksud menghargai semangat mereka di seluruh dunia,” tambah Deepak.
 
Penyulutan obor resmi dilakukan di Olympia, Yunani, Maret 2008. Rencananya obor ini akan berkelana ke 21 kota di 5 benua termasuk London, Paris, San Francisco, Canberra, New Delhi, dan Nagano. Selanjutnya api menuju Hong Kong dan Macau, sebelum menghabiskan 97 hari di Mainland China untuk sampai di tujuan akhirnya di Beijing pada 8 Agustus 2008, menandai dimulainya Olimpiade Beijing 2008.
 
(Lili)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com