Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Ericsson K850i, Ponsel Kamera nan Asyik

Kompas.com - 02/05/2008, 14:55 WIB

Para penggemar SMS bisa menambahkan simbol (Add symbol), lampiran (Add item berupa Picture, Sound effect, Animation, Melody, Templates, Picture (other)) pada pesannya. Di sini juga ada Writing options berupa Writing language (ada Indonesian loh!) dan Dictionary (yang mungkin biasa kita kenal sebagai T9). Kita juga bisa menyimpan SMS ke memori kartu SIM; yaitu dengan memindahkannya ke folder Saved message. Yang juga unik adalah adanya Categories yang memungkinkan kita menyortir pesan menurut kategori tertentu; misalnya Follow up atau Holiday.

Mengingat entri Contacts yang mencapai 1000 dengan 7000 nomor, kita bisa mem-backup-nya ke kartu memori supaya mudah dipindah ke ponsel lain. Buka Options>Advanced, lalu pilih Back up to m. card. Seperti biasa, bila kita pilih SIM contacts di Default contacts, maka Phone contacts tidak bisa diakses. Di ponsel ini juga ada Video ringtones, selain Ringtones yang biasa.

Layarnya "layar sentuh". Sinyal menyebutnya layar sentuh tipu-tipu, karena hanya berlaku untuk menu kiri, tengah dan kanan yang ada di sisi bawah layar. Bagian lain layar tidak bisa dipencet-pencet. Semacam tombol virtual gitu deh. Posisinya bisa dikenali dari titik-titik yang di sisi bawah layar.

Acara pencet-memencet ini bikin jejak jempol bertebaran di permukaan layar. Jadi jorok, meski warna gelapnya berusaha menyamarkan. Yang mengilap bukan hanya layar; casing depan dan belakang pun demikian. Hanya bagian sisi yang lumayan merdeka dari bekas jari. Saat ini pilihan warna yang tersedia hanya hijau (Luminous Green) dan biru (Velvet Blue).

Persis di bawah layar, di kiri-kanan navigasi, berderet tombol Call dan My shortcuts di kiri, tombol C (Clear) dan End Call di kanan. Navigasi 4-arah terlihat unik dengan bentuk garis tipis-bening membentuk kotak yang “mengurung” keypad angka 2 dan 5. Tak ada navigasi tengah. untuk mengaktifkan pilihan, tinggal “pencet” tombol virtual tengah yang bertulisan Select.

Keypad menonjol kecil-kecil. Memang terlihat gaya, tetapi rasanya kok rada aneh ya? Nggak puas mencetnya. Untung masih cukup empuk. Keypad bisa "dikunci" secara manual dengan pencet tombol *, lalu “pencet” menu kanan virtual bertulisan Lock. Cara membukanya sama; hanya menu kanan virtual menampilkan tulisan Unlock. Memencet-tahan tombol # akan mengaktifkan Silent mode. Pengembalian ke moda semula pun caranya sama.

Perhatikan: ponsel hanya bisa dipakai kalau kartu SIM terpasang. Sinyal sempat bingung cari cara membuka casing, yang ternyata tak bisa dibongkar-pasang. Lalu bagaimana cara memasukkan kartu SIM? Nah, dorong saja tanda panah yang ada dekat port charger di badan bagian bawah. Di dalamnya, slot kartu SIM berdampingan mesra dengan slot M2; plus slot baterai. Untuk menyalakan ponsel, tekan-tahan tombol On/Off yang ada di badan atas.

Lampu bulat di dekat lensa kamera bisa dijadikan senter dengan mengaktifkan Organizer>Light, lalu pilih On for 1 minute, On, Off, atau SOS. Sayangnya kedipan SOS ini hanya berlangsung sebentar; rasanya takkan banyak gunanya di saat darurat.

Karena mendukung 3G, pastinya ponsel ini bisa dipakai untuk macam-macam aktivitas yang butuh koneksi internet kecepatan tinggi. Adanya kamera tambahan di bagian depan memungkinkan kita melakukan video call.

DENGAN KATA LAIN...

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com