Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Pamerkan Printer Laser Terkecil

Kompas.com - 02/05/2008, 15:22 WIB
JAKARTA, JUMAT - Kecil itu mempesona, begitu menurut Samsung. Maka printer laser warnanya pun diciutkan ukurannya.

CLP-315K dan CLX-3175FNK itu pun lalu diklaim Samsung sebagai printer laser warna terkecil saat ini. Asal tahu saja, sekitar satu setengah tahun lalu Samsung juga mengklaim hal yang sama dengan model CLP-300-nya, tetapi untuk pasar yang berbeda.

Dibandingkan pendahulunya, CLP-315K yang memiliki memori internal 32MB itu terlihat 20 persen lebih kecil. Namun tidak berarti hasil cetak fotonya lebih buruk, tetapi justru lebih baik. Pada resolusi maksimal 2400x600dpi, printer laser warna ini mampu mencetak pada kecepatan 14ppm (hitam-putih), atau 4ppm untuk cetakan warna.

Sementara itu penciutan ukuran fisik CLX-3175FNK dibandingkan pendahulunya, CLX-3160, lebih besar lagi yakni 40 persen. Printer all-in-one ini juga mampu mencetak dari dan men-scan (ada scanner built-in) ke USB flash disk, tanpa bantuan PC. Tidak dijelaskan berapa kecepatan CLX-3175FNK, tetapi sepertinya tidak akan lebih lambat dari 16ppm untuk cetakan hitam-putih dan 4ppm untuk cetakan warna yang diusung oleh generasi sebelumnya.

Belum diketahui harga dan kapan printer-printer ini akan beredar di tanah air. Namun jika Anda menginginkan sebuah printer laser warna yang hemat tempat, tidak ada salahnya jika Anda menunggu sampai Samsung merilisnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com