HSPA Indosat Sediakan Akses Data Hingga 14,4 Mbps - Kompas.com

HSPA Indosat Sediakan Akses Data Hingga 14,4 Mbps

Kompas.com - 23/05/2008, 00:41 WIB

JAKARTA, KAMIS - PT Indosat Tbk memperkenalkan akses HSPA (High Speed Packet Access) yaitu HSDPA Phase 2 dan HSUPA untuk kecepatan download data (downlink) hingga 14,4 Mbps dan kecepatan up load data (uplink Speed) hingga 1,4 Mbps.

"Indosat memperkenalkan layanan 3.5G Broadband, berupa kecepatan akses data yang semakin tinggi untuk downlink maupun uplink data, sehingga memberikan penghematan waktu yang cukup signifikan dalam melakukan komunikasi data maupun browsing internet," kata Direktur Marketing Indosat, Guntur S. Siboro dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (22/5). Layanan 3.5G Broadband Indosat yang sebelumnya menggunakan akses HSDPA memberikan kecepatan askes downlink maksimal baru 3,6 Mbps dan uplink 384 kbps.

Dengan implementasi ini, Indosat menjadi operator seluler yang menyediakan akses data hingga 14,4 Mbps untuk pertama kalinya di Indonesia. Untuk sementara peningkatan kecepatan akses data ini dapat dinikmati oleh pelanggan broadband Indosat di wilayah Jabotabek, kemudian di Surabaya, Jawa Timur, baik untuk coverage outdoor (mobile) maupun indoor (stationer).

"Di samping memberikan kecepatan akses, kami juga menjamin ketersediaan bandwith yang lebar, sehingga lebih bisa mampu menampung semua kebutuhan akses data dan internet dari pelanggan, disamping jumlah pelanggan yang lebih banyak yang dapat mengakses data dan internet dalam satu area cakupan," terang Guntur. Sebelumnya Indosat sudah memperkenalkan perangkat lunak Indosat Akselerator yang memungkinkan pelanggan mengakses internet dengan kecepatan hingga 7 kali lebih cepat dari teknologi 3.5G Indosat yang sudah ada.

Sampai saat ini layanan 3.5G Broadband Indosat telah menjangkau di 25 kota, antara lain di Jakarta, Depok, Cikampek, Cikarang, Cilegon, Tangerang, Bekasi, Bogor, Surabaya, Bandung, Semarang, Jepara, Kudus, Salatiga, Cepu, Magelang, Cilacap, Yogyakarta, Denpasar, Batam, Medan, Aceh, Balikpapan, Makassar dan Samarinda. Pada akhir kuartal 2008 akan bertambah 8 kota lagi, dengan pertumbuhan pelanggan yang cukup signifikan di kota-kota tersebut.


Editor

Close Ads X