Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Internet Turun 20-40 Persen Mulai Juli 2008

Kompas.com - 31/05/2008, 16:35 WIB

SURABAYA, SABTU - Sesuai janjinya, pemerintah akan mengusahakan penurunan tarif Internet mulai pertengahan tahun ini. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Mohammad Nuh, di Surabaya, Sabtu (31/5), mengatakan tarif internet mulai bulan Juli 2008 turun antara 20-40 persen.

"Saat ini sedang dikembangkan program information access ability yang diharapkan bisa menjangkau masyarakat luas," katanya usai pencanangan Kampus Universitas Surabaya (Ubaya) sebagai i-campus. Menurut dia, information access ability tersebut harus mencakup ketersediaan infrastruktur, keterjangkauan, dan kesiapan masyarakat. Saat ini, tahap yang dilalui baru tahap infrastruktur.

Dia mengatakan rencana tersebut tidak merugikan penyedia jasa layanan internet bahkan justru mempermudah layanan perizinan secara cepat. "Kalau dahulu untuk mendapatkan ijin, harus dicek secara teknis, tapi sekarang hanya diberi kepercayaan," katanya.

Menkominfo menambahkan bahwa dengan kapasitas "backbone" internet yang ada sekarang, penurunan tarif merupakan sesuatu yang logis. Penurunan tarif internet itu diharapkan tidak hanya terjadi pada Juli 2008 mendatang saja, namun juga akan diikuti dengan penurunan tarif internet pada tahap-tahap berikutnya. Apalagi jika proyek Palapa Ring berjalan lancar.(ANT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com