Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Firefox 3 Spektakuler, 8 Juta Download dalam 24 Jam

Kompas.com - 19/06/2008, 12:55 WIB

JAKARTA, KAMIS - Mozilla Firefox , web browser yang populer digunakan oleh pengguna internet merilis versi 3 dari aplikasinya. Versi rilisan yang ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya ini mencapai rekor tertinggi untuk download sebuah aplikasi.

Kampanye Firefox 3 yang "dilepas" ke publik tanggal 18 Juni 2008 kemarin sukses dilaksanakan oleh Mozilla. Lewat 8 juta download dalam kurun waktu 24 jam, pihak Mozilla berhasil melewati target awal mereka yaitu 5 juta download. Hal ini semakin memperkuat Mozilla untuk memperoleh penghargaan dari Guinness Book of World Record sebagai aplikasi yang paling banyak di download dalam 24 jam.

Menurut data terakhir, dari jumlah 8 juta pengguna yang mendownload Firefox versi 3 tersebut, 2 juta diantaranya merupakan pengguna yang berasal dari Amerika Serikat, diikuti oleh Jerman, Jepang, dan Spanyol. Mozilla juga membuat kampanye "pesta download" yang mana sejumlah negara membuat suatu acara menyambut Firefox versi 3 ini dengan kumpul bersama.

Firefox versi 3.0 merupakan salah satu aplikasi yang ditunggu-tunggu dan ramai dibicarakan pada diskusi-diskusi di Internet. Menurut beberapa sumber, Firefox versi 3 ini mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan dengan versi sebelumnya, khususnya dalam bidang kinerja dari browser itu sendiri. Menurut klaim Mozilla, Firefox 3 memiliki feature-feature utama seperti keamanan yang lebih baik, kinerja parsing HTML dan Javascript yang lebih cepat, serta penurunan penggunaan memori yang signifikan.

Suksesnya kampanye "Download Day" dari Mozilla ini tidak terlepas dari strategi mereka untuk meraih pengguna-pengguna di akar rumput. Mozilla membuka diri secara inklusif bagi siapa saja untuk turut serta memberikan kontribusi bagi perkembangan Firefox. Ini berbeda dengan proyek open-source pada umumnya, dimana hanya sejumlah pengembang-pengembang software saja yang berkontribusi. Lewat portal SpreadFirefox , pengguna dapat menjadi bagian yang penting dalam proyek Firefox.(Patrick Gerard van Diest/CHIP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com