Mengakali Tarif Murah Operator

Kompas.com - 14/07/2008, 13:34 WIB
Editor


Tarif operator memang makin murah. Namun skemanya agak rumit, yaitu pengulangan tarif murah setelah menit tertentu. Untuk itu, perlu diakali agar percakapan otomatis terputus setelah menit yang diinginkan. Jadi pelanggan bisa mendapatkan tarif lebih murah sesuai skema operator

Caranya? Gunakan software Call Assistant v2.01 (bisa di-download di http://www.bitsib.com/callassistant.html, dengan harga US$ 3,25). Software ini berlaku untuk ponsel Nokia 3230, Nokia 6260, Nokia 6600, Nokia 6630, Nokia 6620, Nokia 6670, Nokia 6680, Nokia 6681, Nokia 6682, Nokia 7610, Nokia N70, Nokia N72, Nokia N90, Samsung SGH-D720, Samsung SGH-D730, dan Panasonic X800.

Aktifkan Call Assistant pada aplikasi Outgoing dan semua panggilan keluar Anda akan bisa diatur. Anda tinggal menyesuaikan dengan skema tarif operator yang digunakan. Jika lawan bicara Anda tidak memiliki ponsel Symbian, lakukan pengaturan pada Incoming calls, sehingga telepon otomatis terputus pada waktu yang diinginkan.

Pengaturan pemutusan otomatis (Auto hangup) operator XL untuk panggilan ke operator lain, misalnya, tarif akan berulang setelah 10 menit. Jadi lakukan pemutusan otomatis pada 09.59 menit. Beberapa detik sebelum menit ke 09.59 itu tercapai, bisa dibunyikan nada peringatan. Jadi Anda bisa mengingatkan lawan bicara, bahwa percakapan akan diputus. Setelah itu, baru Anda menelepon lagi dengan skema tarif yang murah dari awal, hingga menit yang ditentukan.

Contoh lain, tarif berbicara lewat XL Bebas 19 menit sekaligus adalah Rp 8400. Padahal jika menelepon 10 menit terputus lalu disambung 9 menit, biayanya hanya Rp 6000 (Rp 3000 dua kali). Nah, Anda bisa melakukan perhitungan yang sama untuk operator lain.

Selain itu, pemutus otomatis ini juga berguna agar tidak kebablasan atau bertele-tele. Anda bisa menentukan hanya akan menelepon 5 menit, 10 menit dan seterusnya tergantung kebutuhan.

Agar tidak bingung, ikuti langkah-langkah mengaktifkan Call Assistant berikut:

1. Lakukan instalasi dan aktifkan Call Assistant. Maka akan muncul menu-menu dalam Simple mode.

2. Di bagian Warn On ada pilihan untuk mengaktifkan aplikasi pada panggilan masuk (Incoming), panggilan keluar (Outgoing) atau semuanya.

3. Di bagian Seconds to minute, pilih waktu nada peringatan akan berbunyi pada setiap menit percakapan (dalam satuan detik).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X