Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kinerja PLN Jeblok di Mata Konsumen

Kompas.com - 15/07/2008, 14:47 WIB

JAKARTA, SELASA - Kinerja PT PLN dinilai jeblok dalam melayani konsumen. Berdasarkan data bidang pengaduan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), kasus pengaduan ketenagalistrikan selalu bertengger pada posisi lima besar.

Sepanjang tahun 2004-2005 pengaduan yang masuk ke YLKI mencapai 5.893 pengaduan dari 10 area pelayanan PLN di Indonesia. Dari jumlah itu pengaduan yang paling dominan adalah menyangkut kualitas produk sebanyak 1.962 kasus.

Demikian diungkapkan Tulus Abadi, anggota pengurus harian YLKI. Dia mengatakan, seharusnya fokus perbaikan layanan PLN terletak pada tiga hal, yaitu kualitas produk, proses bisnis, dan pengelolaan sumber daya manusia.

"Perbaikan pada aspek kualitas produk memang membutuhkan gelontoran biaya yang banyak. Namun, perbaikan pada aspek prospek bisnis dan pengelolaan SDM nyaris tidak memerlukan biaya," ungkap tulus usai acara seminar bertajuk "Solusi Mengatasi Krisis Energi dan Listrik" di Jakarta, Selasa (15/7).

Menurutnya, untuk mengatasi krisisis listrik yang kini terjadi, adalah dengan menambah atau mempercepat pembangunan pembangkit baru serta membongkar ulang kebijakan pentarifan yang ada. (C10-08)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com