Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stoner Kritik Gaya Balap Rossi

Kompas.com - 22/07/2008, 20:58 WIB

JAKARTA, SELASA -  Balapan MotoGP di sirkuit Laguna Seca, Amerika, Senin dini hari (21/7) menempuh 32 lap pantas dicatat sebagai pertarungan terseru tahun ini. Bayangkan, rasa kantuk lenyap karena diobati oleh adegan salip menyalip di posisi terdepan antara Valentino Rossi dan Casey Stoner. Meski akhirnya perseteruan dimenangkan oleh The Doctor (julukan Rossi).

Saking serunya persaingan, Rossi sampai harus meredam kedahsyatan tenaga mesin Ducati Desmosedici GP8 dengan membesut Yamaha M1 di luar batas kemampuannya. Malah ia harus ke luar jalur di sisi dalam untuk menyusul Stoner dan melakukan pengereman yang telat (late braking) agar pembalap Australia itu tak bisa menyusulnya di tikungan.

Kecerdikan Rossi berhasil memancing emosi Stoner. Terbukti, meski dapat menyalip Stoner tak pernah lama berada di depan. Malah ia harus membayar mahal kesalahannya yang mencoba menyalip dari sisi luar. Akibatnya Stoner ke luar jalur dan terjatuh. Meski bisa melanjutkan lagi lomba.

Penampilan Rossi yang agresif dikomplain oleh Stoner, sampai dirinya kehilangan peluang memenangkan lomba. "Buat saya, beberapa kali menyalip tidak benar dan kalau saya yang melakukannya, pasti sudah mendapat penalti," sergah Stoner. Soal pertarungan keras dan tampil agresif, lanjut Stoner, sudah pernah saya alami tapi tidak sampai terjatuh.

Malah menjelang lap-lap terakhir Stoner masih bisa mengendalikan Ducati. Padahal, menurutnya roda belakang sudah mulai sliding. "Finish kedua dan menduduki peringkat kedua sementara hasil yang bagus,"syukur Stoner.

Sementara dari kubu tim Fiat-Yamaha menanggapi dingin kritikan Stoner. "Bukan baru kali ini membalap seperti ini, tapi sudah beberapa kali," balas Rossi yang kini memimpin klasemen sementara dengan 212 angka dan unggul 25 angka dengan Stoner.

Bos tim Yamaha,Davide Brivio mengaku butuh kerja keras, nggak cuma Rossi tapi juga para teknisi untuk mengimbangi Ducati."Kami tahu bahwa sistem elektronik pada Ducati sangat sophisticated dan itu yang menjadikan Stoner hebat," bilang Brivio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com