Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Luncurkan MultiPoint dan MightyMice di Indonesia

Kompas.com - 25/07/2008, 21:29 WIB

YOGYAKARTA, JUMAT - Keterbatasan komputer di sekolah, khususnya pada tingkat SD, menjadikan siswa bergantian menggunakannya. Mencoba mengikis kesenjangan digital ini, Microsoft meluncurkan MultiPoint dan MightyMice, yang memungkinkan satu komputer diakses hingga 30 siswa.

Peluncuran inovasi teknologi dari penyedia piranti lunak terbesar di dunia itu dilakukan di Hotel Mercure, Yogyakarta, Jumat (25/7). Business Development Manager Unlimited Potential Group PT Microsoft Indonesia Bonnie Mamanua mengatakan, pemakaian komputer di sekolah telah membawa perubahan pola belajar.

"Banyak SD di Indonesia yang hanya memiliki satu atau beberapa komputer," ujarnya. Itu menyebabkan hanya satu atau segelintir murid yang aktif mendominasi, sementara yang lain terpaksa hanya pasif melihat. Ini bukan kondisi ideal. Dengan MultiPoint, kondisi itu bisa ditekan karena 1 komputer dapat diakses hingga 30 siswa yang masing-masing memegang satu mouse.

MightyMice-yang merupakan pengembangan dari aplikasi Powerpoint-dibuat untuk guru agar memegang kendali terhadap kelas. Untuk uji coba produk tersebut, akan dipilih empat SD. Para guru juga sekaligus diberi pelatihan.

"Kami belum membahas bagaimana produk ini digunakan, atau berapa harganya nanti di pasaran. Kami masih perlu evaluasi," kata Bonnie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com