OpenOffice.org Proyek Open Source Terbaik 2008

Kompas.com - 28/07/2008, 10:46 WIB
Editor

JAKARTA, SENIN - OpenOffice.org yang mengembangkan aplikasi pengolah kata dan tabel terpilih menjadi proyek open source terbaik 2008 versi SourceForge.net. Tidak hanya mendapat penilaian terbaik secara keseluruhan, namun juga proyek terbaik untuk perusahaan dan kalangan pendidikan.

Proyek tersebut mendapat nilai tertinggi dari para anggota komunitas yang berpartisispasi dalam ajang penghargaan tahunan Community Choice Award. Pemenang diumumkan dalam konvensi open source OSCON yang digelar O'Reilly Group pekan lalu.

Penghargaan tahun ini lebih bergengsi karena nominasi yang masuk tidak hanya proyek yang terdaftar dalam SourceForge.net, malainkan semua jenis proyek open source. Bebebrapa penghargaan diberikan dengan judul yang sedikit menggelitik.

Misalnya, Linux yang mendapat penghargaan yang diberi nama "Most Likely to Change the World."  Software yang digunakan untuk berbagi file secara peer to peer, eMule juga mendapat penghargaan "Most Likely to Get Users Sued."

Penghargaan yang namanya cukup mencengangkan, "Most Likely to be the Next $1 Billion Acquisition" jatuh kepada phpMyAdmin yang populer sebagai solusi manajemen web siap pakai. Pemenang "Best New Project" jatuh kepada Magento, software yang menyediakan paket layanan e-commerce.

Software Wine yang membuat Linux bisa dipakai di Windows terpilih sebagai "Most Likely to be Accused of Patent Violation." Sebab, sejak hari pertama dicanangkan, proyek tersebut memang menolak segala bentuk paten.(PCWORLD)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.