Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkominfo Puji Kontribusi Komunitas ICT

Kompas.com - 08/08/2008, 23:44 WIB

JAKARTA, JUMAT - Menteri Komunikasi dan Informasi Mohammad Nuh mengatakan salut atas kontribusi komunitas dalam memajukan dunia ICT di Indonesia. Kontribusi komunitas tersebut, menurutnya, telah menunjukkan rasa kecintaan mereka terhadap bangsa Indonesia.

Hal ini diungkapkan Nuh pada ajang ICT Award 2008 (INAICTA 2008) di Jakarta Convention Center, 7-8 Agustus 2008. Ia mengambut gembira antusiaisme masyarakat yang mengikuti kompetisi INAICTA 2008. Lonjakan jumlah peserta lomba INAICTA dari 170 pada tahun 2007 menjadi 363 pada tahun ini menunjukkan motivasi dan kemauan putra-putri bangsa yang sangat tinggi terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). 

"Lonjakan jumlah peserta sebesar 300 persen pada ICT Award tahun ini menunjukkan motivasi dan kemauan anak bangsa yang sangat tinggi dalam mengembangkan ICT," katanya. Menurut Nuh, peran komunitas menjadi sangat penting karena urusan ICT tidak dapat dilakukan Depkominfo semata.

Ia mengatakan falsafah ICT yang pertama adalah semangat kolaborasi. Karenanya, pemerintah membuka kesempatan kolaborasi dengan pihak manapun. Menurutnya, pemerintah juga akan memberi kesempatan kepada semua pusat kegiatan ICT agar dapat berkembang pesat karena falsafah ICT yang kedua adalah kecepatan.

"Pemerintah tidak akan menjadi suporter saja, namun juga pengungkit terhadap perkembangan ICT," jelasnya. Terkait dengan kompetisi software ini, Nuh meminta dunia usaha juga melirik para pemenang ICT Award 2008 sebagai partner usaha.

Harapannya, karya yang potensial tersebut akan tumbuh dan berkembang menjadi pendorong perekonomian. Dari 669 peserta terpilih 22 pemenang dengan masing-masing kategori berbeda.

"Bukan mustahil jika para finalis tersebut berhasil, mereka dapat membuka lapangan pekerjaan di lingkungan sekitarnya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com