Mayoritas Pembeli PC Baru Downgrade Vista ke XP

Kompas.com - 20/08/2008, 08:59 WIB
Editor


CHICAGO, RABU – Windows Vista, begitu menurut Microsoft, sedang menuju kesuksesan dengan catatan angka penjualan 180 juta lisensi. Sistem operasi pengganti Windows XP ini disebukan laris manis di kalangan OEM maupun ritel.

Namun menurut lembaga riset pasar Devil Mountain Software, tidak banyak lisensi Vista  yang benar-benar digunakan. Bahkan nyaris 35% dari pengguna yang membeli PC baru dalam kurun enam bulan terakhir ini melakukan downgrade sistem operasi Vista-nya ke Windows XP. Trend ini, tulis Devil Mountain, akan terus berlanjut walaupun Microsoft telah menghentikan Windows XP dari penjualan ritel dan OEM sejak Juni lalu.

Hasil di atas diperoleh Devil Mountain setelah mendapatkan data sukarela dari 3000 lebih pengguna di jaringan berbasis komunitas globalnya. Devil Mountain kemudian mencocokkan data vendor dan ID sistem dari database exp,performance.network dan membandingkannya dengan tawaran vendor sistem. Cara ini memungkinkan mereka memperkirakan jumlah sistem yang dikapalkan dalam enam bulan terakhir.

“Mesin-mesin itu mungkin saja di-downgrade oleh Dell atau HP, atau oleh pengguna setelah mereka mendapatkannya,” kata Craig Barth (Chief Technology Officer, Devil Mountain). “Apa pun kasusnya, mesin-mesin itu tidak lagi menjalankan Vista.” EULA (end user licence agreement) untuk Vista Business (termasuk Vista Enterprise) dan Vista memang memperbolehkan pengguna untuk melakukan downgrade ke Windows XP Professional.

Angka 35% di atas, tambah Barth, adalah perkiraan dan bukannya angka pasti. Namun menurutnya angka itu sudah merupakan indikasi bahwa orang telah memanfaatkan peluang downgrade dari Vista. Nah, apakah Anda juga termasuk yang men-downgrade Vista Anda?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.