Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Program Servis Motor Sebelum Mudik

Kompas.com - 04/09/2008, 07:15 WIB

Jika Anda berencana mudik menggunakan sepedamotor, persiapkanlah  dari sekarang. Lebih tepat dikatakan mencicil agar mendekati  waktu perjalanan tidak tergopoh-gopoh menservis kendaraan.

Bisa dimulai dari yang ringan, terakhir baru paling berat seperti menservis mesin. Sebelum memulai, Anda bisa membuat jadwal agar tidak ada yang terlewatkan. Mulai dari bodi, lanjut ke kaki-kaki, lalu kabel, geser ke mesin dan terus ke kerangka.

Dengan punya waktu tiga minggu, bagian-bagian di atas tinggal dijadwalkan perminggunya. Semisal minggu pertama diputuskan servis kaki-kaki. Dimulai dari roda, putarannya harus lancar dan nggak oleng. Caranya, periksa kondisi pelek tak ada yang penyok, lalu goyang dengan kedua tangan dengan posisi horizontal. Trus, cek rem, kanvas harus tebak dan dekapannya kuat.

Untuk rem yang menggunakan cakram, bisa kuras dan ganti minyak rem. Bersihkan teromol (untuk rem belakang, bisa juga depan kalau bukan disc brake), tuas pengungkit di tipe drum-brake. Bila perlu lumasi  tuas dengan cairan atau greese.

Dalam memakai cairan  harus sesuai peruntukkannya. Seperti Engine Degrease untuk membersih daki di bagian luar mesin. Kemudian  Carburator Cleaner untuk membersih karburator. Caranya sudah disebutkan di atas. Lalu Engine Conditioner yang bisa membersihkan kerak di ruang bakar dan karburator juga.

Lanjut cek ketegangan dan kelancaran rantai. Jarak bebas rantai 2-3 cm saat bagian bawah atau atas ditekan. Sekalian lumasi pakai cairan kimia khusus agar putarannya lancar.

Minggu kedua, urus kabel. Konektor bin soket harus bersih dengan memakai cairan kimia pembersih soket. Semprot soket, maka hambatan aliran listrik akan lenyap. Juga cek jika ada kabel terkelupas. Balut pakai isolasi listrik biar tidak korslet.

Minggu ketiga, servis mesin dan karburator atau throtle body di motor injeksi. Sekali lagi pake aja cairan kimia. Buat bersihin karbu, semprot cairan atau foam ke moncongnya. Semprot ke semua lubang karbu saat mesin hidup di rpm 5.000-6.000.

Untuk membersihkan ruang bakar, cairan kimia DCS dan AHRS bisa lewat karbu. Mau lebih sip? Copot busi lalu semprot lewat lubang busi! Endapin 10-15 menit agar kerak sisa bakar lepas. Lalu start mesin buat membilas. Ulangi lagi agar lebih bersih. “Gak merusak ruang bakar. Karena kotoran akan jadi serpihan kecil,” pasti Anthony dari JAG77 .
 
Jika sudah, tinggal servis mesin menjadi bagian akhir agar kondisi dapur pacu betul-betul fresh. (Aries)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com