Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Netbook Lenovo Beda

Kompas.com - 09/09/2008, 09:09 WIB

JAKARTA, SELASA – Nyaris semua nama besar di dunia komputer ikut bermain dalam arena netbook yang dipelopori oleh Asus. Di tanah air sudah beredar antara lain merek Acer, HP, dan MSI. Sementara dari merek lokal ada – antara lain - Axioo yang serupa MSI.

Tak lama lagi kita akan mendapat tambahan satu merek global, yakni Lenovo. Berjuluk IdeaPad S9 dan S10, netbook berbobot 0,9kg dengan ketebalan sekitar 2,54cm ini oleh Matthew Kohut (Worldwide Competitive Analyst, Lenovo) disebut sebagai berbeda dengan tawaran para saingannya.

“Ada ExpressCard-nya, sehingga bisa koneksi ke 3G wireless maupun Ethernet. Namun karena adanya slot ExpressCard, maka jumlah port USB-nya hanya dua buah. Inilah trade-off akibat terbatasnya ukuran,” jelas Kohut. Yang juga berbeda menurut Kohut adalah ukuran keyboard. “Keyboard-nya berukuran 85% (dari keyboard PC), jadi lebih nyaman.”

Fitur lain yang menurut Kohut membedakan netbook Lenovo dengan milik Asus, Acer, Dell, atau HP adalah gesture pada touchpad. “Ini seperti di iPhone; untuk membesarkan image tinggal dorong dua jari ke arah atas.”

Di luar fitur-fitur di atas, spesifikasi IdeaPad S10 tak beda dengan yang lain: prosesor Intel Atom N270, RAM 1GB yang bisa di-upgrade sampai 2GB, layar 10” dengan LED backlit (8,9” untuk S9), Webcam, mikropon, multicard reader, batere 3-cell dan sistem operasi Windows XP Home. Sedangkan untuk warna casing, tersedia tiga pilihan: hitam, putih, dan pink.

“Akhir September ini barangnya sudah masuk pasar. Harganya US$ 549 – US$ 569. Harddisk-nya 160GB, terbesar di kelasnya saat ini. Batere nantinya akan tersedia 6- cell yang tahan 6 jam. Standarnya sekarang batere 3-cell dengan ketahanan 2 jam,” papar Irene Santosa (Country Manager Transasctional Business, Lenovo (Singapore) Pte Ltd.). Ia menambahkan bahwa untuk tahap pertama, hanya 1000 unit netbook Lenovo yang akan masuk tanah air. “Yang warnanya pink akan terbatas jumlahnya, dan juga lebih mahal harganya.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com