Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih, Kalau Motor Mau Kinclong

Kompas.com - 09/09/2008, 11:36 WIB

Mudik  semakin dekat, bagi pemilik sepedamotor, mungkin servis mesin dan penggantian komponen sudah dilakukan. Jika sebelumnya sudah disodorkan mengenai jadwal serivs ringan, seperti mesin dan soket-soket yang bisa dilakukan sendiri sambil mengisi waktu buka, kini merambah ke bagian luar.

Mungkin dari sisi tampilan perlu diberesi, yakni bodi, kaki-kaki, jok, boks dan helm. Seperti bodi dan kaki-kaki, tak cukup dicuci, perlu dioles dan semprot pakai krim khusus. Bagian-bagian ini pun bisa dikerjakan sendiri sambil ngabuburit. (Tining)

Bodi
Membersihkan bodi motor dibagi dalam tiga tahapan. Pertama, mengangkat jamur dan kotoran dengnan cara dicuci. Jangan pakai sabun colek atau bubuk yang mengandung detergen karena bisa kusam permukaan cat. Gunakan sampo khusus motor. Ketika menggosok, sebaiknya pakai busa halus agar bodi tidak tergores. Lalu, keringkan dengan kain lap sintetis.

Setelah itu, tinggal proses polish atau finishing. Untuk poles bodi yang dicat gunakan cairan yang mengandung silikon. Biasanya dikemas berupa botol semprot. Seperti Turtle Wax keluaran Kit atau Silicon Glaze dari produknya Amway. Selain mengilatkan juga melindungi pori-pori cat.

Jok
Mungkin sudah ada yang mengganti dengan bahan kulit, termasuk bodi diselimuti kulit,  khawatir di soal perawatan. Takut rusak atau kusam. Untuk perawatan kulit sekaligus melindungi bisa pergunakan bahan seperti conditioner.

Perawatan ini selain mengangkat kotoran dan jamur juga melindungi kulit dari panas matahari dan hujan. Sehingga bahan kulit kesayangan tidak mudah pecah. Kelembaban juga bisa terjaga.

Helm
Membersihkan helm, sediakan tiga jenis cairan. Untuk mengusir kotoran di visor dan bagian luar helm, bisa pergunakan cairan pembersih kaca.  Jika masih ada bercak bisa digosok dengan bahan khusus penghilang noda, tersedia dalam bentuk cairan atau krim.
Untuk mengangkat kotoran pada busa atau kain di dalam helm juga ada cairan khusus. “Seperti Helmet Care Series Foam Cleaner buatan Sunrise. Sangat bagus mengangkat jamur dan memberikan efek wangi,” promosi Yongky Kuswanto, bos pemegang merek Sunrise dari Semarang.
Jika sudah bersih namun pengin wangi, silakan gunakan pengawi khusus helm. Misal buatan MTR .

Boks
Kebetulan motor Anda sudah dilengkapi boks berbahan palstik dengan dasar kulit jeruk. Hindari membersihkan kotaran dengan menggunakan ampelas halus. Bakal merusak kulit jeruk dan memberi efek kusam. Bisa dicuci dengan menggunakan cairan pencuci piring trus dilap pakai kulit sintetis.
Setelah bersih, biar tambah kinclong dan warna hitam ingin rata, oleskan semir sepatu cair di seluruh permukaan boks.  Buat boks yang sudah dibungkus kulit, biar lebih kinclong bisa pakai pembersih khusus kulit. Atau boleh juga pakai semir, sesuai warna kulit pembungkus yang ada. Sip kan. (Tining)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com