Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony HDR-TG1, Minicam AVCHD Mungil

Kompas.com - 23/10/2008, 11:55 WIB

Kini makin banyak saja perekam HD seiring makin populernya perangkat hiburan pendukung HD seperti LCD TV atau Blu-ray player. Perekam HD berbasis harddisk pun kian banyak di pasaran yang lalu disusul model lain yang menyimpan video dalam kartu memori atau yang bisa kita sebut sebagai minicam.

Pabrikan Sony yang populer dengan handycam-nya pun menghadirkan minicam seri HDR-TG1 berformat AVCHD (format kompresi video yang termasuk paling bagus sekarang). Handycam ini berbeda dengan model kebanyakan karena dibuat layaknya gabungan David dan Goliath. Apa maksudnya?

HDR-TG1 disebut Sony sebagai handycam HD berformat AVCHD terkecil didunia dengan dimensi 6,3x3,2x11,9 cm dan bobot kurang dari 300 gram. Sebenarnya produk ini lebih tepat disebut minicam karena menggantikan harddisk yang biasa dipakai untuk penyimpanan dengan kartu Memory Stick PRO Duo. Namun digunakannya kartu memori sebagai storage tidak membuat kualitas rekaman video ikut turun karena Sony tetap mengimplementasikan kompresi AVCHD dengan maksimal bitrate 16Mbps.

TG1 juga mengimplementasikan sensor ClearVid CMOS berteknologi Exmor yang juga diterapkan pada beberapa jajaran handycam berbasis harddisk. Secara teknologi, minicam ini setara dengan perekam AVCHD Sony berbasis harddisk lainnya. Keterbatasannya hanya pada kapasitas ruang simpannya.

Selain mengandalkan “kecerdasan” internal, TG1 dirias secara khusus agar tak mudah rusak/cacat akibat benturan fisik. Untuk itu rangka dalam TG1 memakai bahan titanium yang amat kuat dan bagian luar diperkuat dengan lapisan keras sehingga keseluruhan fisik minicam jadi amat tangguh dan tak mudah kotor. Sony juga membuat akses TG1 amat praktis karena hanya menempatkan sedikit tombol navigasi untuk melakukan perekaman foto/video. Oh akses TG1 juga amat menyenangkan karena sudah menyediakan setting penggunaan dalam bahasa Indonesia.

Dalam merekam video, TG1 menawarkan beberapa pilihan resolusi mulai dari defenisi standar (SD) beresolusi 1440x1080i sampai definisi tinggi (HD) beresolusi 1920x1080i yang masing-masing ditawarkan dalam kualitas bitrate 3-16Mbps. Untuk memperoleh hasil maksimal, TG1 melengkapi sistemnya dengan feature Face Detection untuk pengenalan wajah, lensa Carl Zeiss dengan zoom optis 10x, Super SteadyShot OIS agar gambar lebih stabil, dan dukungan pada x.v.Colour untuk memunculkan warna lebih realistis dan kontras. Untuk fitur yang terakhir ini TG1 harus dikoneksikan dengan peranti yang kompatibel seperti LCD TV Bravia dengan x.v.Colour.

***

Meskipun juga mampu memotret sampai resolusi 4 megapixel, TG1 tetap lebih ideal untuk merekam video. Beberapa hasil bidikan gambar diam kurang memberikan hasil yang natural. Sedangkan untuk kualitas video kami sudah cukup puas meskipun kualitas HD yang dihasilkan masih berupa interlace (i). TG1 ternyata juga tak memiliki beberapa fitur video seperti pada camcorder berbasis harddisk sehingga kreativitas video agak terbatas di sini. Namun untuk penggunaan konvensional sudah sangat mencukupi, terlebih bagi Anda yang mencari perekam HD yang canggih dan tangguh.

Sumber: InfoKomputer

PLUS: Desain kompak, mewah, dan struktur kuat; mudah dipakai; koneksi banyak; fitur rekam berguna.
MINUS: Kualitas foto kurang natural; minim kontrol manual; tanpa port mic/headphone-in; harga cukup mahal.

SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)
Kinerja : 4
Fasilitas : 4
Penggunaan : 4,5
Harga : 3,5
SKOR TOTAL : 4


SPESIFIKASI: Sony HDR-TG1
Resolusi pixel: 4 megapixel (maks 12 megapixel)
Resolusi foto (min/max:) 640x480 / 2304x1728 pixel
Resolusi video (min/max): 1440x1080i / 1920x1080i @ 25fps
Media perekam: MS PRO Duo
Format file (gambar/video/ audio) JPEG/MTS (MPEG4 AVC & MPEG2)/-
Ukuran lensa ekivalen-5mm -
Seting aperture: -
Ekivalen ISO: -
Zoom: 10x optikal dan 120x digital
Kecepatan shutter (detik): -
Fokus terdekat terbaik (makro:) -
Viewfinder: Tidak ada
Diagonal LCD: 2,7 inci
Koneksi USB, AV, HDMI
Tipe batere/isi ulang: Batere Li-Ion / Ya
Batere charger: Ada
Dimensi (plt) 6,3x3,2x11,9 cm
Bobot (gram): 298 gram (dengan batere dan memori)
Garansi: 1 tahun
Situs Web: www.sony.co.id
Harga kisaran*: Rp 9.999.000
* Sony Indonesia (021) 527-9888.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com