Selamat Tinggal VHS!

Kompas.com - 28/10/2008, 11:57 WIB
Editor

JAKARTA, SELASA – Masih ingat VHS? Atau mungkin Anda (atau orang tua Anda) masih menyimpan beberapa kaset VHS?

Sekitar 20 – 30 tahun lalu kaset VHS pernah berjaya, termasuk di tanah air. Ketika itu, film-film dikemas dalam kaset ini, bukan dalam bentuk VCD/DVD. Rekaman acara pernikahan pun biasanya dikemas dalam bentuk kaset VHS. Namun nasibnya kini tragis, nyaris (atau sudah) mati.

VHS memang tinggal kenangan. Di seluruh dunia, produsen mesin pemutar (VCR – video cassette recorder) standalone-nya pun hanya tersisa satu, yakni JVC. Namun JVC pun tidak lagi memproduksi pemutar tersebut secara mandiri. Pemutar kaset VHS itu sudah ditambahi kemampuan lain, yakni DVD, alias menjadi DVD/VHS combo unit. Dan bila stok di gudang JVC habis, berarti habis sudah masa VHS.

Sekadar catatan, di seluruh dunia tercatat ada 900 juta VCR, dan sekitar 50 juta di antaranya menyandang merek JVC.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X