Menanti Windows 7

Kompas.com - 29/10/2008, 13:28 WIB
Editor

JAKARTA, RABU – Kapan ya Windows 7 yang menggantikan Vista itu hadir? Apakah akan sesuai jadwal (seperti kita ketahui, Microsoft jarang sekali menghadirkan sistem operasinya tepat pada jadwal yang dijanjikannya)? Mungkin.

Saat ini rilis pra-beta dari Windows 7 sudah diserahkan Microsoft kepada komunitas developer. “Kami memberikan Web terbaik ke Windows, dan Windows terbaik ke Web,” kata Ray Ozzie, pemimpin arsitek software Microsoft. "Dari PC ke Web ke telepon, dan dari server ke cloud, kami berfokus pada memungkinkan penciptaan generasi berikutnya dari pengalaman pengguna yang mengubah cara hidup, kerja, dan main kita."

Apa sih maksudnya? Pertama – kendati secara visual mirip Vista - Windows 7 disebut-sebut sebagai lebih efisien, bekerja lebih cepat pad sistem dengan daya lebih rendah (bahkan netbook dengan prosesor Intel Atom dan RAM 1GB). Waktu booting-nya dipangkas karena sistem operasi ini hanya memanggil yang benar-benar diperlukan pengguna. Bluetooth misalnya, tidak akan dipanggil jika Anda tidak benar-benar membutuhkannya.

Untuk urusan kompatibiltas, Microsoft yakin bahwa apa pun yang bekerja pada Windows Vista juga akan bekerja pada Windows 7. Codec yang lebih beragam pun, termasuk DivX, Xvid dan AAC, akan didukung. Sementara itu struktur menu pita (ribbon) yang digunakan pada Office 2007 akan menjadi layout de facto untuk semua program Windows 7.

Manfaat lainnya adalah pemberitahuan (alert) pengguna, termasuk opsi untuk memilih pemberitahuan yang diterima, Jump List yang mengelompokkan program-program yang paling umum dipakai dan tugas-tugas yang paling sering dilakukan, aplikasi, servis dan device yang lebih menyatu, dan dukungan Wi-Fi dan 3G yang terintegrasi. Tentu saja fungsionalitas layar sentuh Windows 7 juga akan hadir, lengkap dengan kendali gerakan (gesture control) bagi mesin-mesin yang memang dilengkapi dengan kemampuan tersebut.

Ringkasnya, Windows 7 adalah Vista yang lebih baik, yang mungkin bisa membuat para pengguna loyal XP akhirnya meng-upgrade sistem operasinya. Kita tunggu realisasinya di awal tahun 2010...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.