Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

What is Your Colour?: The Airbus A380 Case

Kompas.com - 31/10/2008, 08:20 WIB

PADA akhir Desember 2007 lalu ada serangkaian iklan yang cukup menarik di koran The Wall Street Journal. Iklan ini terbit dua halaman penuh selama beberapa hari berturut-turut. Brand-nya adalah Airbus A380.

Serial iklan cetak ini ada empat versi sesuai headline-nya, yaitu Greener, Cleaner, Smarter, dan Quieter. Tampilannya hampir sama, gambar sebuah siluet pesawat Airbus A380, sementara isi siluetnya berbeda-beda sesuai dengan tema headline.

Versi Greener isi siluetnya menampilkan gambar hutan. Yang versi Cleaner gambarnya adalah kepulauan yang hijau dan lautan biru. Sementara versi Smarter menampilkan lumba-lumba yang sedang berenang. Dan versi Quieter gambarnya adalah orang yang sedang memancing di sebuah danau.

Kemudian, body text-nya sendiri menjelaskan lebih lanjut tentang headline-nya. Pada versi Greener antara lain dinyatakan bahwa Airbus merupakan satu-satunya manufaktur pesawat yang mampu memenuhi secara ketat standar manajemen lingkungan ISO 14001, baik pada proses di pabriknya maupun pada produknya.

bersambung...

---------------------------------------
Bahasan lengkap artikel ini sudah diterbitkan dalam bentuk buku dengan judul "New Wave Marketing, The World Is Still Round, The Market is Already Flat." Anda bisa memesan buku tersebut di GramediaShop.com atau hubungi Direct Selling Gramedia Pustaka Utama (
gpudm@gramedia.com, telepon: 021-53677834 ext. 3252 & 3253).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com