The 3 Cs to Win the Mind Share

Kompas.com - 01/11/2008, 14:03 WIB
Editor

SAYA akan meninjau kembali bagaimana Strategi memenangkan perang untuk menguasai benak pelanggan (mind share). Dalam New Wave Marketing, elemen-elemen Strategi ini terdiri dari Communitization, Confirming, dan Clarifying; bukan lagi Segmentasi, Targeting, dan Positioning seperti yang terdapat dalam Legacy Marketing.

Langkah pertama dalam membangun Strategi adalah Communitization alias membentuk komunitas atau memanfaatkan komunitas yang ada. Komunitas ini sendiri definisinya adalah sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya. Dalam komunitas ini terjadi relasi pribadi yang erat antar para anggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values. Proses pembentukannya bersifat horisontal karena dilakukan oleh individu-individu yang kedudukannya setara.

Karena dalam New Wave Marketing ini ditandai dengan praktik low-budget high-impact marketing, maka Communitization ini harus bisa menerapkan apa yang disebut sebagai Reed’s Law ketimbang menerapkan Metcalfe’s Law atau Sarnoff’s Law.

bersambung...

---------------------------------------
Bahasan lengkap artikel ini sudah diterbitkan dalam bentuk buku dengan judul "New Wave Marketing, The World Is Still Round, The Market is Already Flat." Anda bisa memesan buku tersebut di GramediaShop.com atau hubungi Direct Selling Gramedia Pustaka Utama (
gpudm@gramedia.com, telepon: 021-53677834 ext. 3252 & 3253).



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X