Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Majalah PC Magazine Berhenti Terbit

Kompas.com - 20/11/2008, 11:49 WIB

JAKARTA, KAMIS – Jika Anda penggemar komputer, Anda pasti tahu atau mungkin pernah membaca majalah PC Magazine dalam versi aslinya, bahasa Inggris. Namun tahun depan, Anda tidak akan bisa lagi memegang dan membalik-balik halaman terbaru majalah komputer tersebut.

Penerbit PC Magazine, Ziff Davis sudah memutuskan untuk tidak lagi menerbitkan edisi cetak PC Magazine. Edisi terakhir, begitu dilansir PaidContent.org yang mewawancarai CEO Ziff Davis Jason, adalah edisi Januari 2009. Keputusan Ziff Davis ini mengakhiri keberadaan PC Magazine yang selama 28 tahun (terbit pertama tahun 1982) menyajikan informasi seputar komputer.

Jadi matikah PC Magazine? Tidak juga. Yang dimatikan hanyalah edisi cetak, sementara edisi online-nya tetapi hidup. Karena itulah keputusan Ziff Davis ini hanya mempengaruhi tujuh karyawan, yang semuanya dari bagian produksi cetak. Tidak ada karyawan lain yang di-PHK, karena mereka (redaksi) sekarang bekerja untuk situs online.

Ziff Davis menegaskan bahwa sekarang mereka akan fokus pada PCMag Digital Network. Dalam jaringan tersebut tercakup beberapa situs, termasuk PCMag.com, ExtremeTech, Appscout, Gearlog, Smart Device Central, GoodCleanTech, DL.TV, Cranky Geeks, dan PCMagCast.

Sekadar informasi, Ziff Davis yang menerbitkan PC Magazine memang sudah beberapa tahun ini mengalami kesulitan keuangan. Seiring dengan tumbuh pesatnya Internet, jumlah pembaca majalah cetak itu terus merosot. Ziff Davis juga sempat melisensikan PC Magazine (dalam kurun waktu yang berselisih 10 tahun) ke dua penerbit di tanah air. Namun sejak dua tahun lalu, PC Magazine edisi Indonesia sudah tidak lagi beredar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com