Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12.000 Keluarga Masih Kebanjiran

Kompas.com - 28/11/2008, 09:37 WIB

Laporan wartawan Kompas Ambrosius Harto

SAMARINDA, JUMAT - Banjir karena hujan dan luapan Sungai Karangmumus masih menggenangi 12.000 keluarga di Samarinda, Kalimantan Timur, Jumat (28/11). Namun, banjir yang terjadi sejak Senin (24/11) itu tampaknya mulai menunjukkan gejala akan surut.

Data dari Kantor Perlindungan Masyarakat Kota Samarinda menunjukkan bahwa 12.000 keluarga itu bermukim di tiga kecamatan yaitu Samarinda Ulu, Samarinda Utara, dan Samarinda Ilir.

Banjir di Kecamatan Sungai Kunjang sudah surut pagi ini. Air surut menyusul berhentinya hujan di kota berpenduduk 600.000 jiwa ini sejak kemarin sore. Hari ini, cuaca cerah.

Sedangkan genangan di tiga kecamatan yang berada di bantaran Sungai Karangmumus itu masih terlihat. Bila hujan dalam beberapa hari mendatang tidak turun, kemungkinan air akan surut. Namun, bila sore hari ini atau besok hujan turun, banjir akan bertahan seperti sepekan ini.

Ketiga kecamatan tadi juga diterjang banjir 4-21 November 2008 lalu. Waktu itu, 9.100 keluarga kebanjiran. Belum seminggu surut, banjir kembali menggenangi kawasan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com