Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nantikanlah Bluetooth 10x dan 100x

Kompas.com - 11/12/2008, 09:05 WIB

JAKARTA, KAMIS – Bluetooth sudah menjadi fasilitas standar pada banyak gadget, khususnya ponsel. Namun tahun depan, petanya mungkin sedikit berubah.

Menurut IMS Research, badan standar SIG (Bluetooth Special Interest Group) akan mengungkapkan teknologi Bluetooth 2.2. Bluetooth versi baru tersebut akan dibagi menjadi dua: Bluetooth 10x dan Bluetooth 100x.

Masing-masing akan memadukan koneksi WLAN dan UWB (ultra wide band) untuk meningkatkan kecepatan Bluetooth dan menambah daya jangkauan. Fungsionalitas terhadap handset pun akan mencakup segalanya, mulai dari video streaming sampai koneksi P2P dan pencetakan jarak jauh (remote printing).

“Di handset, Bluetooth 10x kemungkinan besar akan muncul lebih dulu, dengan pengiriman volume mulai tahun 2010,” kata analis IMS Chris Schreck. “Karena WLAN sudah ada di handset, dan karena sudah terbukti bremanfaat, kita akan melihat kebanyakan OEM handset pada awalnya tertarik untuk menerapkan versi 10x. Lagipula lingkungan perangkat untuk WLAN jauh lebih berkembang dibandingkan lingkungan UWB sehingga OEM akan menunggu sampai ada banyak perangkat UWB –enabled sebelum mereka menyertakan fasilitas UWB dalam handset-nya.”

Varian Bluetooth 2.2 ini diperkirakan membutuhkan waktu adopsi lima tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com