Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, KA Sukabumi-Bogor Beroperasi Penuh

Kompas.com - 12/12/2008, 10:55 WIB

SUKABUMI, JUMAT — Kereta api jurusan Sukabumi-Bogor akan kembali beroperasi penuh pada Sabtu (13/12), setelah berhenti beroperasi sejak 2006.

Menteri Perhubungan Jusman Safeii Djamal rencananya akan meresmikan beroperasinya kembali kereta api tersebut. Kepala Humas PT Kereta Api Daerah Operasi I Jakarta Akhmad Sujadi yang dihubungi dari Sukabumi mengatakan, setelah meresmikan rencananya Menteri Perhubungan akan naik kereta api dari Sukabumi pada pukul 11.00.

Kereta api bisnis yang akan kembali beroperasi itu rencananya akan diberi nama KA Bumi Geulis. Pengoperasian kereta api Sukabumi-Bogor dihentikan karena longsor dan kerusakan trek di sejumlah ruas. Pemerintah kemudian mengucurkan dana Rp 54 miliar untuk pengadaan kereta api dan memperbaiki trek sepanjang 54 kilometer.

Dengan harga karcis Rp 8.000, PT KA menerapkan tarif sangat kompetitif pada ruas Sukabumi-Cianjur yang bisa ditempuh paling lama 2 jam. Pasalnya, tarif angkutan jalan raya mencapai Rp 12.000 dengan waktu tempuh selama 3 jam hingga 4 jam karena banyaknya titik kemacetan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com