Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini KA Sukabumi-Bogor Beroperasi Penuh

Kompas.com - 13/12/2008, 07:16 WIB

JAKARTA, SABTU — Masyarakat Sukabumi akan segera kembali mendengar bunyi peluit panjang kereta api yang sudah lama menghilang. Kepastian ini menyusul akan dioperasikannya kembali Kereta Api Sukabumi-Bogor mulai Sabtu, 13 Desember 2008.

Peluncuran perdana kereta api yang dinamai KRD Ekspres Bumi Geulis ini rencananya akan diawali dengan pemberangkatan pertama oleh Menteri Perhubungan RI, Jusman Safeii Djamal yang akan didampingi Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wali Kota Sukabumi Muslih Abdul Sukur, dan Direktur Utama PT KA Ronny Wahyudi.

 

Untuk sementara jadwal perjalanan KA Bumi Geulis masih sangat terbatas. Sehari hanya diberangkatkan 1 kali perjalanan pulang dan pergi. Pertama kereta akan diberangkatkan dari Sukabumi pukul 05.00 pagi, tiba di Bogor sekitar 07.10. Sementara dari Bogor, KA Bumi Geulis akan berangkat pukul 17.00 dan sampai di Sukabumi sekitar pukul 19.10. Waktu tempuh untuk jarak 57 km memakan sekitar 2 jam. Hal ini masih tergolong lama.

Kepala Humas Daop 1 Ahmad Sujadi saat dijumpai oleh Kompas.com di stasiun Gambir, Jakarta Pusat, saat akan menuju Sukabumi melakukan peresmian KA tersebut menyatakan, kecepatan KA hanya mampu melaju 40 km/jam. "Hal ini disebabkan rel yang dilalui menggunakan spesifikasi yang kecil, R 33 (1 meter 33 kg)," jelasnya.

 

Kapasitas angkut KA ini masih sangat terbatas. KA hanya akan menarik 4 rangkaian gerbong. Satu gerbong menyediakan 64 tempat duduk dan 69 penumpang berdiri sehingga untuk sekali keberangkatan KA hanya mampu mengangkut 532 penumpang.

Terbatasnya daya angkut ini disebabkan kendala teknis pada rel. Rel hanya mampu dilewati dengan lokomotif kecil tipe BB 302/BB04. Kereta yang dioperasikan adalah kereta rel diesel (KRD) ekspres bermesin ganda yang sebelumnya dioperasikan di Yogyakarta-Solo dengan nama Prambanan Ekspres dan sekarang berubah nama menjadi KRD Bisnis Bumi Geulis.

 

Sementara itu, harga tiket telah ditetapkan oleh PT KAI sebesar Rp 8.000 untuk Sukabumi-Bogor, sedangkan Sukabumi-Parungkuda dan Bogor-Parungkuda, penumpang hanya akan ditarik  sebesar Rp 5.000. Selama 3 bulan ke depan masyarakat yang akan menikmati KA jurusan Sukabumi-Bogor dan sebaliknya hanya akan ditarik Rp 5.000. Hal ini karena PT KAI memberikan diskon pertama atas peresmian KA ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com