BlackBerry Bold 9000, Curi Perhatian

Kompas.com - 15/12/2008, 11:23 WIB
Editor

Tak dapat dipungkiri, BlackBerry Bold berbodi bongsor. Namun ini tak menghilangkan kesan eksklusif khas para pebisnis. Mungkin warna gelap dikombinasi krom di sana-sini yang memberi kesan elegan tersebut. Mungkin pula bahan kaca di bagian depan dan kulit di bagian belakang yang membuat kesan mewah tersebut.

Layar Bold terbukti memberi penampakan jernih, meski tengah ditatap di bawah cahaya terang benderang. Ini penting bagi para pekerja yang butuh membalas email, membuat dokumen atau sekadar menonton video sepanjang perjalanan.

Karena layarnya bukan layar sentuh, keyboard Qwerty sudah pasti menjadi andalan utama Bold sebagai alat input. Jarak antar tombol, ditambah bentuk tombol yang cukup menonjol, menjadikan keyboard mudah dipencet meski ukurannya relatif kecil bagi jemari kami yang besar.

Keyboard ini tersusun 4 baris, termasuk tombol spasi. Boleh dikatakan simpel, karena kami tak melihat tebaran tombol pintas di keyboard. Fungsi angka bertumpuk di tombol W-E-R, S-D-F, dan Z-X-C. Tombol-tombol ini juga berfungsi sebagai keypad ketika hendak bertelepon.

O ya, bila tak ingin terganggu suara panggilan telepon, langsung saja tekan tombol Mute yang ada di atas bodi.

Bold memakai trackball untuk navigasi. Tak butuh waktu lama untuk membiasakan diri memakai bola navigasi agar terasa nyaman ketika menggerakkan kursor. Di sisi lain, trackball tak memungkinkan Bold memasang fungsi pintasan.

Menu utama diakses dari tombol ber-icon Blackberry yang ada persis di kiri trackball. Begitu menu terbuka, terpampang deretan icon aplikasi. Tinggal gerakkan trackball untuk memilih, lalu tekan trackball untuk mengaktifkannya. Sederhana bukan? Karena itu kami yakin bahwa mereka yang baru pertama kali memakai Bold pun bakal dengan cepat menguasai pengoperasian peranti ini.

Bold memisahkan colokan untuk fungsi headset dengan menambahkan jack 3,5mm. Jack tipe ini membuka peluang bagi kita untuk memakai headset lain bertipe tersebut. Port USB mini untuk charger dan transfer data tetap ada; sama-sama berada di kiri bodi.

Mencari letak speaker eksternal? Perhatikan lubang kecil di kiri-kanan bodi, dekat siku atas. Tombol volume 2-arah akan kita temukan di kanan bodi. Suara bisa disetel ke nyaring maksimal dan terdengar lumayan jernih dibanding peranti sejenis.

Slot MicroSD mudah diakses karena ditempatkan di kiri bodi. Ada penutup slotnya. Pada unit yang kami terima, slot sudah diisi kartu berkapasitas 1GB.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X