Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkominfo: Manfaatkan Blog dan SMS untuk Kampanye

Kompas.com - 31/12/2008, 18:29 WIB

JAKARTA, RABU - Pemilu seharusnya dapat menjadi momentum untuk mengoptimalkan manfaat teknologi informasi dan komunikasi. Kampanye melalui pesan singkat (SMS) dan blog menjadi alternatif yang sangat disarankan.

Hal tersebut dikemukakan Menteri Komunikasi dan Informatika (menkominfo) Muhammad Nuh di sela-sela Pemaparan Kinerja Depkominfo 2008 di Jakarta, Rabu (31/12). "Selagi tidak menjatuhkan atau menghina orang lain, teknologi IT disarankan dioptimalkan dalam Pemilu," katanya.

Ia menilai, penggunaan IT juga akan memberikan pengenalan kepada warga tentang manfaat teknologi informasi. Nuh mengakui penggunaan blog saat ini memang belum banyak dimanfaatkan para politisi dan belum banyak diketahui masyarakat. Namun, dengan seringnya dipakai untuk kampanye Pemilu nanti, orang akan tahu dan ketertarikan akan muncul.

Pemanfaatannya IT untuk kampanye secara maksimal akan menguntungkan. Biaya yang dikeluarkan juga tidak banyak. Selain itu, pemanfaatan cyber campaign dapat memberi keuntungan banyak pihak. Bagi perusahaan penyedia layanan, tentu akan meningkatkan penghasilan.

"Bagi peserta Pemilu hal ini dapat menghemat biaya dan tenaga. Sebab secara serentak informasi dapat diakses di mana-mana," ujarnya Sedangkan, masyarakat akan lebih mengenal teknologi dan sekaligus mengetahui seluk beluk calon yang akan dipilihnya lebih jauh tanpa perlu bertatap muka langsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com