Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tekan Pembajakan, Intelix Gabung BSA

Kompas.com - 22/01/2009, 16:29 WIB

JAKARTA, KAMIS - PT Intelix Global Crossing (Intelix) bergabung sebagai anggota BSA (Business Software Alliance) lokal Indonesia. Intelix merupakan perusahaan penyedia solusi TI dan system integrator yang mengkhususkan pada solusi integrasi fungsi teleponi komputer yang berkantor pusat di Jakarta.

"Intelix resmi bergabung pada 1 Januari 2009. Intelix merupakan perusahaan software lokal keempat yang bergabung dengan BSA," kata Perwakilan BSA Indonesia, Donny A Sheyoputra, dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (22/1). Donny mengatakan tiga perusahaan piranti lunak Indonesia yang telah bergabung dengan BSA sebelumnya yaitu Andal Software, Bamboomedia, dan Zahir Internasional.

Donny mengatakan Intelix dan BSA percaya bahwa memperkuat perlindungan hak kekayaan intelektual (HaKI) sangat penting untuk memastikan kalangan industri piranti lunak di Indonesia tetap terpacu untuk terus berinovasi. Apalagi, saat ini perusahaan lokal tidak hanya bersaing dengan pengembang piranti lunak asing, tetapi juga bersaing dengan produk piranti lunak asing bajakan.

"Kami berharap dengan adanya hubungan kami dan BSA ditambah penegakan hukum yang dilaksanakan Polri, maka persentase pembajakan software akan turun," kata Direktur Utama Intelix Irmawan Sadikin. Ia percaya bahwa pertumbuhan industri piranti lunak lokal telah terhambat akibat pembajakan piranti lunak.

Studi yang dirilis IDC (International Data Corporation) tahun 2008 menyebutkan industri TI merupakan kontributor terbesar bagi perekonomian negara-negara Asia. Di Indonesia, dengan kemungkinan turunnya pembajakan piranti lunak sebesar 10 persen dalam empat tahun ke depan akan membuka sekitar 2.200 tambahan lapangan kerja baru, pertumbuhan ekonomi sebesar 1,8 miliar dolar AS dan penerimaan pajak sebesar 88 juta dolas AS.

Studi IDC ini juga memprediksi pendapatan vendor atau produsen piranti lunak lokal sekitar 1 miliar dolar AS.

BSA merupakan organisasi yang mempromosikan dunia digital yang aman dan legal termasuk pemanfaatan pranti lunak yang legal. BSA merupakan suara ndustri piranti lunak komersial dunia dan mitra perusahaan piranti keras terhadap pemerintah dan pasar internasional. BSA beranggotakan perusahaan piranti lunak seluruh dunia seperti Adobe, Apple, Autodesk, Cisco System Corel, Dell, HP, IBM, Intel, Microsoft, dan Symantec.(ANT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com