Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia 5800 Xpress Music, Dewa Musik yang Canggih

Kompas.com - 29/01/2009, 09:27 WIB

Nokia 5800 menjadi yang pertama menggunakan layar sentuh untuk pengoperasian menu. Dibanding kompetitor, ukuran layar Nokia 5800 sebetulnya tak luas-luas amat. Namun desain satu permukaan kaca dan penghilangan keypad membuat layar terasa sangat-sangat lega.

Bicara soal lega, yang tersisa di bawah layar hanya 3 tombol: tombol Call, Menu, dan End call. Untuk menyalakan-mematikan ponsel, Nokia memberikan tombol tersendiri; letaknya di atas bodi, ujung kanan. Layar sentuh tentu rawan terhadap sentuhan tak sengaja yang menjalankan menu. Tapi Nokia sudah menyiapkan solusinya, yaitu slot pengunci di kanan bodi.

Nokia 5800 tak lepas dari penyakit yang menjangkiti peranti layar sentuh mana pun: jejak tangan, khususnya di layar. Tapi warna gelap biasanya berhasil menyamarkan masalah itu. Mungkin karena itulah Nokia menyiapkan 3 pilihan warna: Perak-hitam, merah dan biru. Atau motif mirip sidik jari di casing belakang yang berbahan tak mengilap.

Biasanya, layar sentuh berpasangan dengan stylus sebagai alat input. Nokia 5800 pun demikian. Stylus bisa ditarik keluar dari siku bawah kanan bodi, agak belakang. Lucunya, jika casing belakang dibuka, stylus ini ternyata melekat di casing.

Tapi ada yang menarik di Nokia 5800, yaitu penggunaan plektrum sebagai alat input. Gitaris pasti tak asing dengannya sebab ini mirip pick yang biasa dipakai untuk memetik senar gitar. Plektrum tersebut bertali sehingga bisa digantungkan ke ponsel.

Menu Baru dan Sensor Gerak
Nokia 5800 menggunakan Symbian terbaru, yaitu S60 edisi ke-5. Tak heran, home screen sampai struktur menu sangat berubah. Nyaris seluruh icon di home screen merupakan pintasan untuk membuka menu lebih lanjut. Misalnya, mengklik icon jam akan membuka setting pengaturan jam.

Yang menarik dicatat adalah adanya Contacts Bar. Di bar ini kita bisa masukkan 4 kontak yang paling sering dihubungi. Menu ini bisa menampilkan catatan panggilan maupun SMS sampai update blog si kontak.

Atau Media Bar; "pita" menu yang muncul di sisi kanan layar ketika memencet "tombol sentuh" yang ada di bawah kamera. "Pita" ini berisi 5 icon pintasan ke aplikasi hiburan; Music library, Gallery, Share online, Video centre, dan Bookmarks.

Satu lagi yang menarik adalah adanya sensor gerak. Ketika kita ubah posisi memegang ponsel dari portrait ke landscape, tampilan layar akan otomatis berubah mengikuti. Fungsi ini paling asyik dinikmati ketika memainkan game Bounce atau balap mobil Global Race Raging Thunder.

Musik dan Musik
Sebagai ponsel musik, Music player sudah pasti wajib hadir. Setting yang disediakan antara lain Shuffle play, Repeat, Equaliser, Balance, Bass booster dan Stereo widening.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com