Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows 7 Dijanjikan Jalan di Netbook

Kompas.com - 05/02/2009, 09:21 WIB

JAKARTA, KAMIS – Dalam sebuah wawancara promosi di situs pers Microsoft, seorang pejabat Microsoft menjanjikan bahwa Windows 7 akan bisa jalan di netbook. Sementara itu sebenarnya kita memang sudah melihat Windows 7 dijalankan di netbook. Namun tetap muncul pertanyaan tentang apakah sistem operasi finalnya akan cukup kecil untuk menggeser Linux dari pasar netbook.

Saat ini, kebanyakan netbook menyertakan Windows XP . Ada segelintir kecil netbook, seperti HP Mini Note versi awal, yang menyertakan Windows Vista, tetapi biasanya kinerjanya kurang menonjol.

Tanda-tanda bahwa Windows 7 akan menyasar netbook sudah terlihat pada CES 2009 awal Januari lalu di Las Vegas, AS. Ketika itu Microsoft mendemokan Windows 7 Ultimate pada sebuah Asus Eee PC baru. Dikatakan oleh Brad Brooks (Corporate Vice President for Windows Consumer Product Marketing, Microsoft) "Microsoft menawarkan jalur yang bersih untuk Windows 7, jadi seperti telah kami demokan di PDC, WinHEC dan CES, Windows 7 memberikan pengalaman hebat bagi pengguna di PC notebook-mungil."

Menurut Brooks, Windows 7 akan memiliki footprint yang lebih kecil; antarmuka pengguna yang sudah ditingkatkan yang memungkinkan booting dan shut-down yang lebih cepat; manajemen daya untuk usia batere yang lebih panjang; kemampuan media yang lebih baik; dan lebih stabil, handal, dan aman.

Akan tetapi belum jelas apakah semua netbook bisa menjalankan semua – enam – versi Windows 7. Microsoft mengatakan, PC notebook-mungil yang berharga murah akan menjalankan Windows 7 Starter dan "pengalaman Windows fungsi-penuh di PC notebook-mungil” akan disediakan melalui Windows 7 Home Premium. Sayangnya Microsoft tidak mengatakan apakah scenario ini lebih dikarenakan harga Windows 7 Home Premium yang lebih tinggi atau tuntutan hardware yang lebih besar.

Yang jelas, Microsoft merekomendasikan tersedianya memori utama minimal 1GB untuk menjalankan Windows 7. Kita tunggu saja apakah Microsoft merealisisasikan janjinya dan apakah sistem operasi baru itu dapat menggantikan Windows XP (dan Linux) di netbook.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com