Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mito 138, Ponsel Simpel yang Menghibur

Kompas.com - 10/02/2009, 10:13 WIB

Melihat menu kanan yang didedikasikan untuk membuka Multimedia, Sinyal langsung menebak seri Mito 138 ini ditujukan untuk kalangan yang haus hiburan. Begitu membuka menunya, kita langsung dihadapkan ke daftar aplikasi hiburan. Antara lain ada Music Player, Media Player, Camera, HandyCam, FM Radio dan Recorder.

Tapi seperti biasanya ponsel low-mid-end, kemampuannya biasa saja. Music Player, misalnya, hanya menyediakan setting Play mode dan Play background. Atau Media Player hanya menyiapkan setting Play, Delete, Bluetooth transport dan Change default dir. FM Radio mengharuskan kita memasang headset agar berfungsi. Kebetulan unit demo yang Sinyal
terima tidak menyertakan headset; jadi kami tak bisa bercerita banyak mengenai kemampuannya. Sedangkan Recorder hanya merekam (Recorder) dan menyimpan (My Record).

Di bawah kamera, ada 2 kolom speaker. Suaranya lumayan nyaring. Tapi perhatikan, karena tidak ada tombol volume, kita perlu mempelajari tombol keypad mana yang difungsikan untuk itu. Pada Music Player maupun Media Player, tombol * dan # yang menjadi pengatur volume.

Kamera ada di belakang bodi. Tak ada lampu, tak ada cermin, apalagi tombol kamera. Setting yang disediakan pun minimalis. Ada Camera Mode (Normal, Personality), Image Size (320x240, 640x480), Effect (Normal, Warm Color, Cool Color, White Black, Negative), Auto Timer (Deactivate, 5, 10, 20, 30 secs), White Balance (Auto, Sun, Cloudy, Day Light, Night), dan Camera Ring (Disable, Enable), serta My Album. Pada HandyCam malah lebih simpel lagi: hanya ada setting Rec (Auto, Sun, Cloudy, Day Light) serta My Video.

Slot MicroSD berada di atas slot SIM1. Mito 138 bisa dipakai sebagai storage. Dengan catatan, matikan dulu ponselnya, baru koneksikan ke PC. Ketika dikoneksi ke PC dalam keadaan menyala maupun mati, Sinyal tidak melihat adanya USB Config di layar ponsel. Port data yang sekaligus untuk charger dan headset ditempatkan di bawah bodi; rapi berpenutup
berbahan karet.

Penting dicatat bahwa memori internal Mito 138 sangat minim. Jadi, pastikan kartu memori tambahan berkapasitas besar telah terpasang di slotnya. Jika tidak, banyak aplikasi yang tak bisa berfungsi karena kekurangan memori.

Mito 138 punya dua slot SIM, tapi yang aktif hanya satu. Kedua slot SIM punya tanda; yang kiri adalah SIM1 dan yang kanan adalah SIM2. Pengaturannya ada di Settings > Mobile Telephone > Select Sim. Perhatikan, ketika memilih Select Sim A, maka yang aktif adalah slot
SIM1.

Yang menarik, ternyata Mito 138 punya fungsi untuk memblokir nomor telepon. Setting ini bisa ditemukan di Phonebook > Settings > MTFW. Di situ ada pilihan Block Number dan Block Group. Bila suka lupa nomor sendiri, kita juga bisa menyimpan sampai 3 nomor kita di Own Number.

Hobi browsing bisa terpenuhi dengan Browser. Pada unit demo yang Sinyal terima, setting operator Internet sudah tersedia. Jika demikian adanya pada unit massal, seharusnya tak perlu repot lagi mengutak-atik setelan ini.

Yang juga menarik, kita bisa membuat keypad berkedap-kedip. Setting ini ada di Settings > Keypad light. Ada opsi Time (20, 10, 5 sec, Deactivate) dan Mode (Deactivate, Coruscate mode 1-7). Cukup menghibur kala menerima telepon atau mendengarkan musik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com