Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Larang Istilah Netbook

Kompas.com - 10/02/2009, 10:27 WIB

JAKARTA, SELASA — Mungkin tidak banyak dari kita yang ingat komputer mungil bermerek Psion? Komputer mungil ini gagal di pasar. Namun, tahun lalu Psion mengatakan bahwa istilah netbook adalah milik mereka sehingga tidak boleh dipakai secara generik.

Dalam ‘perebutan istilah’ tersebut, Psion ternyata menang. Setidaknya di Google. Sebab, per minggu pertama bulan Februari, Google melarang penggunaan istilah netbook dari jaringan iklannya.

Kabarnya, Google telah melakukan penyidikan terhadap klaim merek dagang netbook yang diajukan oleh Psion. Hasilnya, Google secara resmi menghormati fakta bahwa “netbook” adalah merek dagang yang dilindungi undang-undang. Maka istilah itu pun ditabukan penggunaannya dalam iklan-iklan yang ditayangkan di Google.

Nah loh, jadi komputer mungil itu harus kita sebut apa dong? Mini-notebook? Sub-note? Namun sebenarnya sih, vendor komputer juga tidak pernah terang-terangan menyebut produk komputer mungilnya sebagai sebuah netbook. Istilah ini cuma dipopulerkan oleh Intel. Dell misalnya, tidak pernah merujuk Inspiron Mini 9-nya sebagai netbook. HP menyebut produknya sebagai mini-note. Sementara Asus lebih suka memopulerkan istilah Eee PC, dan hanya sesekali menyebutnya sebagai netbook.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com